comscore

Pemanasan Global Jadi Momentum Panas Bumi sebagai Energi Berkelanjutan

Husen Miftahudin - 18 Mei 2022 12:48 WIB
Pemanasan Global Jadi Momentum Panas Bumi sebagai Energi Berkelanjutan
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Jakarta: Dampak pemanasan global yang semakin meningkat dan kenaikan suhu di berbagai belahan dunia menunjukkan energi ramah lingkungan sudah sangat penting untuk dikembangkan menggantikan energi fosil. Kondisi ini mendorong negara di berbagai belahan dunia untuk meningkatkan transisi energi, salah satunya panas bumi sebagai energi bersih yang ramah lingkungan.

"Transisi energi hijau memiliki potensi yang sangat besar. Panas bumi merupakan sumber energi yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan energi ramah lingkungan saat ini dan di masa depan sebagai energi yang andal dalam mensuplai kebutuhan beban dasar ketenagalistrikan," ungkap Ketua Umum Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) Prijandaru Effendi dalam konferensi pers The 8th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2022, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 18 Mei 2022.
The 8th IIGCE diselenggarakan API yang didukung oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM). Acara yang akan dilaksanakan pada 14-16 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) ini terdiri dari convention serta program pendukung lainnya yaitu technical paper dan field trip.

Dijelaskan Prijandaru, kegiatan IIGCE yang berkolaborasi dengan On Us Asia merupakan bentuk komitmen yang melibatkan berbagai pihak. Pemerintah maupun di luar pemerintahan harus bersama-sama berkomitmen mengambil langkah-langkah strategis, terukur, dan berkelanjutan untuk mencapainya.

"The 8th IIGCE sebagai side events dalam memperkuat komitmen Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi G-20 yang salah satu fokus utamanya adalah transisi energi untuk menjamin akses atas kebutuhan energi, teknologi yang menunjang pengembangan energi bersih, serta dukungan dana yang berkelanjutan," paparnya.

Acara forum geotermal ini menjadi forum dan momen besar dalam mempertemukan lembaga pemerintah, pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, investor, perusahaan jasa, akademisi, dan pakar industri panas bumi untuk berkumpul bersama dan berbagi perkembangan terbaru mengenai industri panas bumi.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menekankan pemerintah senantiasa memberikan dukungan bagi pengembangan panas bumi dalam mencapai agenda pembangunan ekonomi berkelanjutan dan kemandirian energi nasional. Sehingga dalam menjalankan hal ini diperlukan pelibatan dari berbagai pihak.

"Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal EBTKE terus menjalin komunikasi dengan para pemangku kepentingan, kementerian lembaga terkait, pemerintah daerah, terutama dengan API yang selama ini telah menjadi partner penting dalam pengembangan energi panas bumi," pungkas Dadan.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id