Bukit Asam Bangun Tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    Suci Sedyautami - 24 Juli 2019 21:10 WIB
    Bukit Asam Bangun Tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya
    Illustrasi. Dok : AFP.
    Jakarta: PT Bukit Asam (PTBA) Tbk turut serta dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dengan berpartisipasi di pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Pengembangan PLTS ini juga sebagai upaya perusahaan dalam melakukan diversifikasi bisnis.

    Direktur Pengembangan Usaha Bukit Asam Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin mengatakan meski secara operasional PTBA fokus dalam industri pertambangan batu bara, PTBA ingin menjadi perusahaan energi dunia yang peduli lingkungan.

    "Kita ingin mengusahakan perjalanan tidak hanya bergantung pada  penjualan batu bara, tetapi juga menciptakan nilai tambah," kata Fuad dalam FGD pengembangan PLTS di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

    Fuad bilang ada tiga proyek PLTS yang digarap oleh PTBA. Pertama  PLTS Bandara Soekarno Hatta di Tangerang-Banten. PLTS di Bandara Soetta merupakan proyek pertama yang digarap PTBA. 

    Perusahaan menggandeng PT Angkasa Pura II untuk pembangunan PLTS Bandara Soetta serta PT Len Industri untuk pengadaan perangkat PLTS. Proyek pembangkit dengan kapasitas 241 kilo watt per peak (kWp) ini ditargetkan beroperasi pada Agustus mendatang.

    Kedua, PLTS Terapung di Dam Sigura-gura di Sumatera Selatan. PTBA bekerja sama dengan perusahaan induknya yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) untuk studi kelayakan proyek ini. PLTS yang berkapasitas 2x500 kWp ini ditargetkan beroperasi pada kuartal III-2020.

    Ketiga, PLTS Ombilin di Sumatera Barat yang dibangun di area tambang bawah tanah milik PTBA.  Rencananya, terowongan tambang bawah tanah Ombilin akan dialiri listrik dari PLTS. PLTS  yang berkapasitas sebesar 240 kWp dan ditargetkan beroperasi pada 2020. Kapasitasnya ditargetkan bertambah menjadi 27-200 Megawatt (MW) pada 2022. 

    "Kami juga akan melakukan studi PLTS, khususnya lahan pasca tambang agar bisa dimanfaatkan," tambah dia. 




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id