Harga Batu Bara Dongkrak Keuangan Indika Energy

    Annisa ayu artanti - 04 Juli 2018 11:21 WIB
    Harga Batu Bara Dongkrak Keuangan Indika Energy
    Direktur Utama Indika Energy M Arsjad Rasjid PM (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)



    Jakarta: Kondisi harga batu bara yang semakin meningkat membantu keuangan PT Indika Energy Tbk yang sempat terperosok empat tahun lalu. Diharapkan menguatnya harga batu bara bisa terus memberikan stimulus positif bagi laju bisnis Indika Energy di masa-masa yang akan datang.

    Direktur Utama Indika Energy M Arsjad Rasjid PM mengatakan empat tahun terakhir keuangan Indika sempat tertekan. Namun ketika harga komoditas batu bara naik sampai USD100 per ton, keuangan Indika Energy menjadi terbantu.






    "Ada tekanan terbesar pada keuangan kami dengan harga batu bara yang rendah dan berbagai tantangan industri lainnya," kata Arsjad, di Kantor BEI, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

    Adapun naiknya harga batu bara tidak ditampik memang memberikan katalis positif. Di kuartal I-2018, misalnya, emiten berkode INDY ini mencetak laba bersih USD59,03 juta atau naik 114,74 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Laba ini diperoleh karena pendapatan tumbuh sebanyak 263,57 persen menjadi USD809,03 juta. Sementara beban pokok kontrak dan penjualan naik sebanyak 198,71 persen menjadi Rp580,23 miliar. Sedangkan untuk 2018 ini, Arsjad memproyeksikan, kinerja keuangan tetap tumbuh seperti halnya yang diperoleh pada kuartal I-2018.

    Kendati demikian, ia berharap, kinerja keuangan yang terpacu tidak hanya dari satu perusahaan semata. Beberapa anak perusahaan diharapkan mencetak kinerja keuangan yang baik juga. Sejumlah upaya terus dilakukan agar kinerja keuangan bisa terus lebih baik di masa-masa yang akan datang.

    "Harapannya bukan dari Kideco saja karena Kideco kontribusi utama, tapi juga nanti datang dari PT Multi Tambang Jaya Utama (MUTU) dari Kalimantan Tengah dan nanti juga datang dari Tripatra, Petrosea. Kita mengharapkan yes kontribusi besar dari Kideco, tapi yang lain juga kontribusi," tutup dia.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id