Realisasi PNBP Minerba Melebihi Target

    Eko Nordiansyah - 19 September 2018 19:06 WIB
    Realisasi PNBP Minerba Melebihi Target
    Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) untuk sektor mineral batu bara (minerba) melebihi target tahun ini. Hingga akhir Agustus 2018, PNBP sektor minerba sudah mencapai Rp32,2 triliun dari target Rp32,09 triliun.

    "Jadi kalau kita lihat target di 2018, sebetulnya sampai 31 Agustus sudah mencapai 100 persen lebih atau sekitar 101 persen," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 19 September 2018.

    Tahun depan target PNBP sektor minerba mengalami kenaikan Rp161,8 miliar, dari Rp23,96 triliun menjadi Rp24,12 triliun. Selain itu ada tambahan dari penjualan hasil tambang sebanyak Rp17,69 triliun sehingga totalnya menjadi Rp41,82 triliun.

    Baca juga: Pemerintah Bidik PNBP SDA Nonmigas Rp30,01 Triliun

    Menurut dia, kenaikan PNBP sektor minerba disebabkan oleh perubahan asumsi kurs yang lebih besar untuk tahun depan. Sebelumnya pemerintah memproyeksikan rupiah berada di level Rp14.400 per dolar Amerika Serikat (USD), namun kemudian disepakati menjadi Rp14.500 per USD.

    "Dalam rangka optimalisasi penerimaan antara lain dengan meminta pembayaran di muka dan mengurangi biaya yang akan mengurangi penerimaan negara," jelas dia.

    Selain itu, pemerintah juga akan memperbaiki sistem administrasi dengan menetapkan PNBP elektronik. Berbagai langkah itu, lanjut Bambang, diharapkan bisa mengoptimalisasi penerimaan negara melalui PNBP.

    "Kami juga lakukan kegiatan yang terus menerus kita tingkatkan dengan sinergi instansi terkait dalam hal ekspor. Serta melakukan intensifikasi dan inventarisasi peningkatan penagihan terutama yang masih ada tunggakan sekitar Rp1 triliun," pungkasnya.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id