Target Satu Juta Barel Dipercepat, Pertamina Agresif Ngebor

    Suci Sedya Utami - 04 Februari 2020 09:27 WIB
    Target Satu Juta Barel Dipercepat, Pertamina Agresif <i>Ngebor</i>
    Gedung Pertamina. FOTO: Setkab
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan lebih agresif untuk melakukan kegiatan pengeboran di lapangan minyak dan gas (migas). Langkah itu dilakukan demi menjawab tantangan pemerintah untuk mencapai produksi minyak satu juta barel yang dipercepat dari 2030 menjadi 2025.

    "Kita harus lebih agresif dalam melakukan pengembangan lapangan. Kita harus mengakselerasi program-program pengeboran dari potensi-potensi yang ada di existing wilayah kerja," kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu, di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.

    Ia menjelaskan sebagai perusahaan migas nasional, Pertamina siap menerima tantangan tersebut. Ia mengatakan kuncinya yakni memetakan potensi sumber daya dan membuat rencana untuk mengakselerasi potensi tersebut.

    Dharmawan mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk memetakan seluruh potensi di lapangan migas yang kiranya bisa dipercepat.

    "Kita upayakan, memang saat ini targetnya 2030 satu juta, tapi kalau ada permintaan dipercepat kita upayakan yang terbaik," jelas Dharmawan.

    Lebih lanjut, dirinya mengatakan, pemerintah meminta Pertamina untuk maksimaal mengejar target satu juta barel. Pihaknya pun diminta untuk melakukan inovasi agar target tersebut dapat terealisasi.

    Sebelumnya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk memaksimalkan penggunaan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) guna menggenjot produksi migas hingga satu juta barel. Bahkan target produksi minyak satu juta barel per hari yang sebelumny‎a direncanakan pada 2030, dipercepat menjadi 2025.

    "Kami mau target satu juta barel itu tahunnya dipercepat. Mereka bilang 2030, saya minta 2025. Mau cepat saja, kan bagus nih ngurangi impor energi," pungkas Luhut.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id