comscore

Survei: Grab Lampaui Shopee sebagai Superapp Terbaik di Asia Tenggara

Eko Nordiansyah - 07 April 2022 18:47 WIB
Survei: Grab Lampaui Shopee sebagai Superapp Terbaik di Asia Tenggara
Grab. Foto : AFP.
Jakarta: Adanya pandemi covid-19 telah mendorong pengguna melakukan lebih banyak aktivitas digital daripada sebelumnya. Apalagi kehadiran berbagai superapps di negara Asia Tenggara telah menunjukkan perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 pada Januari 2022, 51 persen masyarakat Asia Tenggara sekarang lebih sering berbelanja online, dan satu dari dua orang dari mereka membayar lebih sering dengan dompet digital atau opsi nontunai lainnya.
Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga mengungkapkan 82 persen pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara memesan pengiriman makanan dan 43 persen menggunakan layanan kendaraan atau ride-hailing yang membuat banyak lahirnya superapps.

Dalam penelitian terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui superapp terbaik di setiap negara tersebut dengan melibatkan 3.500 responden.

"Kami bandingkan penilaian pengguna berdasarkan empat indikator utama Super App, yaitu user experience, engagement, awareness, dan usefulness," kata Managing Director Ipsos in Indonesia Soeprapto Tan dalam keterangan resminya, Kamis, 7 April 2022.

Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain.

"Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App diberikan peringkat berdasarkan indeks yang menggabungkan empat indikator utama, user experience, engagement, awareness, dan usefulness," ungkapnya.

Diketahui Grab sebagai Super App terbaik di 6 negara Asia Tenggara yang termasuk dalam survei, dengan rata-rata total skor indeks 63. Skor Grab tertinggi di Singapura dan Vietnam, diikuti oleh Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Shopee menempati posisi kedua, dengan perolehan rata-rata total skor indeks 52. Setelah itu ada Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak & JDID (10), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5), dan Zig (3).

"Berdasarkan total skor rata-rata di setiap indikator, Grab mencapai jumlah skor yang lebih tinggi dan oleh karena itu Grab menempati peringkat pertama sebagai superapp terbaik di Asia Tenggara pilihan pengguna," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id