Transaksi Meningkat, Ini 5 Dompet Digital yang Paling Sering Digunakan

    Ade Hapsari Lestarini - 29 Maret 2021 21:20 WIB
    Transaksi Meningkat, Ini 5 Dompet Digital yang Paling Sering Digunakan
    Foto: dok MI.



    Jakarta: Transaksi uang elektronik menggunakan aplikasi dompet digital atau e-wallet terus meningkat. Bahkan semakin populer digunakan dalam berbagai bentuk transaksi sehari-hari. Selain menawarkan aspek lebih praktis, aman, cepat, dan menguntungkan, penggunaan e-wallet juga dianggap lebih aman dan sesuai dengan protokol kesehatan di kala pandemi belum usai.

    Survei konsumen secara online yang dilakukan oleh Snapcart selama kuartal I-2021, mencatat ShopeePay, brand e-wallet milik kelompok situs belanja online Shopee, merupakan brand e-wallet yang paling diingat, paling sering digunakan, dan paling disukai konsumen Indonesia.






    Hal ini terefleksikan dari bagaimana ShopeePay berhasil mengambil porsi lebih dari 38 persen pasar transaksi e-wallet di Indonesia, baik online maupun offline.

    "Ini capaian yang luar biasa, karena ShopeePay boleh dibilang pendatang baru. Namun, karena kompatibel dengan portal belanja online terbesar di Indonesia, Shopee, sehingga cepat berkembang," ujar Direktur Snapcart Indonesia Astrid Williandry, dalam keterangan resminya, Senin, 29 Maret 2021.

    Hasil survei Snapcart berdasarkan data jumlah pengguna e-wallet pada Maret 2021, ShopeePay merupakan e-wallet yang paling banyak digunakan (76 persen), disusul oleh Gopay (57 persen), Ovo (54 persen), Dana (49 persen), dan LinkAja (21 persen).

    "Dari hasil survey, lima brand ini yang paling banyak digunakan konsumen dalam melakukan pembayaran dengan uang digital. Mereka sangat populer karena rajin melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan berbagai macam merchant," tambah Astrid.

    Pembayaran online dan offline

    Adapun dari data frekuensi penggunaan e-wallet untuk pembayaran digital dalam tiga bulan survei, ShopeePay merupakan e-wallet yang paling sering digunakan (10,7x) secara frekuensi pembayaran uang digital melalui platform online maupun offline yang dilakukan dalam satu bulan. Diikuti Ovo (7,3x), Dana (7,2x), serta Gopay dan LinkAja (masing-masing 7,1x).

    "Ini temuan yang menarik. Pemakaian ShopeePay untuk pembayaran offline kini semakin meningkat bersamaan dengan peningkatan pemakaian online. Hal ini menunjukkan ShopeePay semakin luas digunakan oleh berbagai macam merchant untuk menerima pembayaran digital," tambah dia.

    Contoh offline misalnya pengunaan ShopeePay untuk pembayaran digital di berbagai merchant kuliner dan toko retail melalui aplikasi ShopeePay yang ada di smartphone. Sedang contoh online misalnya ketika melakukan pembayaran belanja di portal Shopee.

    Adapun dari data nominal omzet rata-rata per bulan transaksi e-wallet dari lima brand terkemuka tersebut di atas terlihat penguasaan pasar transaksi e-wallet dari ShopeePay juga terus meningkat di pembuka 2021. Data Maret 2021 menunjukkan bahwa ShopeePay mengambil 38 persen porsi total pangsa pasar transaksi e-wallet, diikuti Ovo (19 persen), Gopay (19 persen), Dana (17 persen), dan LinkAja (tujuh persen).

    Dalam survei Snapcart, responden juga diminta untuk memilih brand e-wallet yang paling membantu dan mempermudah konsumen dalam berbelanja online. Pada Maret 2021, ShopeePay muncul menjadi pilihan utama konsumen (59 persen), diikuti oleh Ovo (18 persen), Gopay (sembilan persen), Dana (10 persen), dan LinkAja (empat persen).

    Temuan ini juga sejalan dengan hasil pertanyaan tentang e-wallet yang paling dipercayakan oleh konsumen. ShopeePay dinilai menjadi kepercayaan konsumen Indonesia (39 persen), diikuti Ovo (18 persen), Dana (18 persen), Gopay (17 persen), dan LinkAja (sembilan persen).

    "Dengan didukung platform Shopee yang memiliki jaringan ratusan ribu merchant di seluruh Indonesia dalam berbagai kategori, yakni dari makanan dan minuman, fashion, eletronik, hobi, logistik, hingga merchant sosial seperti donasi, membuat ShopeePay sangat disukai semua lini konsumen. Karena menawarkan banyak kemudahan berbelanja," tambah Astrid.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id