Darurat Korona, Gojek Subsidi Pengemudi Online

    Ilham wibowo - 01 April 2020 10:24 WIB
    Darurat Korona, Gojek Subsidi Pengemudi <i>Online</i>
    Logo baru Gojek - - Foto Istimewa.
    Jakarta: Penyedia aplikasi on-demand Gojek menggalang dana bantuan senilai Rp100 miliar bagi para mitra di tengah darurat penanganan virus korona atau covid-19. Anggaran tersebut terkumpul dari 25 persen gaji tahunan jajaran manajemen senior Gojek serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

    Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan dana tersebut disalurkan melalui 12 program mencakup keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

    “Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan," kata Kevin melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Maret 2020.

    Selama bertahun-tahun, kata Kevin, Gojek telah memberdayakan begitu banyak mitra dengan memberikan peluang untuk memperoleh
    penghasilan. Kini, Gojek tetap hadir untuk membantu para mitra yang terdampak pandemi covid-19.

    "Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan berbagai cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka," tuturnya.

    Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan seluruh inisiatif ini dirancang agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra.

    Program bagi mitra mencakup layanan kesehatan seperti penyediaan perlengkapan kesehatan, jaminan asuransi, dan sosialisasi untuk menaati prosedur kesehatan. Kemudian program meringankan beban biaya harian dengan distribusi paket sembako bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun serta berbagai diskon yang bisa dimanfaatkan mitra Gojek.

    "Kami ingin semua mitra driver mengetahui bahwa Gojek hadir di sini untuk mereka semua, sama seperti mereka selalu berada bersama kami selama ini," ungkapnya.


    Selain itu, Gojek juga telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip bagi mitra hingga senilai Rp100 ribu yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

    Adapun mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

    "Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra driver yang memenuhi syarat agar dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai," tutur dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id