comscore

Kemenparekraf Mempercepat Digitalisasi UKM Indonesia

Kautsar Halim - 21 April 2022 12:28 WIB
Kemenparekraf Mempercepat Digitalisasi UKM Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: dok Kemenparekraf)
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) mempercepat perkembangan digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Tanah Air dengan menggandeng Ralali.com.

Sebagai pionir B2B marketplace terbesar di Indonesia, Ralali telah menghubungkan dan membantu 1,5 juta pelaku bisnis melalui solusi ekosistem digital dari Ralali Group. Kedua belah pihak pun berharap kerja sama dengan Kemenparekraf bisa mewujudkan Indonesia Go Digital.
"Ralali berharap kerja sama dengan Kemenparekraf ini menjadi langkah awal yang akan terus bergerak untuk mewujudkan UKM Indonesia Go Digital, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," kata CEO & Founder Ralali Group, Joseph Aditya, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 April 2022.

Dia menjelaskan, Ralali Ekosistem Group akan berupaya memberikan solusi bisnis yang unggul untuk para UKM dalam mendigitalisasi bisnisnya.

Melalui sinergi ini, Ralali mendukung penuh beragam program unggulan Kemenparekraf, seperti Bangga Buatan Indonesia, Desa Kreatif Indonesia, Desa Wisata, KATA (Kota Kabupaten Kreatif), serta program lain yang bertujuan utama mendigitalisasikan UKM Indonesia.

Khusus program Desa Wisata itu sendiri, Ralali akan memfasilitasi website gratis atau digital store front melalui aplikasi Ralali Connect di setiap desa wisata yang telah terkurasi. Dengan begitu, para penggiat UKM Indonesia dapat membangun reputasi, mengembangkan jaringan di era digital, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, kerja sama dengan Ralali.com bertujuan untuk memperkuat kemampuan industri kreatif dalam persaingan produk-produk ekonomi kreatif impor, serta mempromosikan berbagai jenis produk ekonomi kreatif Indonesia.

"Dengan (semangat) G20 Recover Better, Recover Stronger melalui tata ekonomi baru, Kemenparekraf bergerak dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Kolaborasi bersama Ralali ini konsepnya tak hanya seremonial, namun mengamplifikasi 3G, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), Gaspol (Garap Semua Potensi)," ujar Sandiaga.

"Dengan intervensi digital dari Ralali.com sebagai B2B marketplace, dapat membantu memperkuat misi kami dalam mengoptimalkan rantai pasok (supply chain) bagi UKM Indonesia," tambahnya.

"Bersama Ralali.com, kami akan berkolaborasi mengembangkan potensi satu juta website digital store front melalui multiple intervention atau 360 Universe Parekraf untuk mencapai target 5.000 desa wisata pada 2023 dan 7.500 desa wisata pada 2024," lanjut Sandiaga.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id