9 Startup Terbesar di Asia Tenggara, 5 dari Indonesia

    Annisa ayu artanti - 05 September 2020 14:15 WIB
    9 <i>Startup</i> Terbesar di Asia Tenggara, 5 dari Indonesia
    Ilustrasi bisnis startup - - Foto: Medcom
    Jakarta: Bisnis startup tumbuh pesat selama satu dekade ini. Indonesia pun disebut mencetak perusahaan rintisan atau startup terbanyak.

    Mengutip unggahan instagram Seasia.co, Sabtu, 5 September 2020, tercatat lima dari sembilan startup terbesar di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Lima startup tersebut memiliki valuasi yang beragam mulai dari USD2,5 miliar hingga USD10 miliar.

    Adapun perusahaan yang memiliki valuasi di atas USD1 miliar disebut unicorn dan perusahaan yang memiliki valuasi diatas USD10 miliar decacorn.

    Berikut daftar sembilan startup terbesar se-Asia Tenggara 2020:

    1. Grab

    Grab merupakan platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura. Grab didirikan pada 2012 oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling. Berawal dari layanan transportasi, Grab saat ini mempunyai layanan lainnya seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang diakses lewat aplikasi mobile. Grab tercatat memiliki valuasi perusahaan sebesar USD13,3 miliar sehingga menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara.

    2. Gojek

    Gojek merupakan perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Gojek didirikan pada 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.

    Selain itu, menyediakan jasa transportasi ojek, Gojek juga mempunyai layanan lainnya serta pembayaran digital bernama Gopay. Tak hanya beroperasi di Indonesia, Gojek tersedia di Thailand, Vietnam, dan Singapura. Valuasi Gojek kini mencapai USD10 miliar dan menjadi perusahaan dengan valuasi terbesar se Indonesia.

    3. Tokopedia

    Tokopedia menempati posisi ketiga sebagai perusahaan rintisan yang memiliki valuasi terbesar yakni USD7 miliar.

    Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau toko daring dari Indonesia yang didirikan pada 2009 lalu. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

    4. HyalRoute

    HyalRoute adalah penyedia jaringan komunikasi fiber di negara berkembang Asia. Mengutip laman resminya, Hyalroute merancang, membangun, dan mengoperasikan platform jaringan serat kepada pelanggan-pelanggannya. Saat ini valuasi perusahaan mencapai USD3,5 miliar.

    5. Traveloka

    Traveloka merupakan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalan domestik di Indonesia. Saat ini Traveloka menempati posisi keempat sebagai perusahaan rintisan yang memiliki valuasi perusahaan terbesar yakni USD3 miliar.

    Traveloka didirikan pada 2012 lalu oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Traveloka terus mengembangkan bisnisnya dan sejak 2015 perusahaan mulai berekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.
     

    Halaman Selanjutnya
    6. OVO… …
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id