comscore

Survei: Grab Tambah Lapangan Kerja dan Pendapatan Mitra di Kupang dan Jayapura

Eko Nordiansyah - 10 November 2021 20:01 WIB
Survei: Grab Tambah Lapangan Kerja dan Pendapatan Mitra di Kupang dan Jayapura
Layanan Grab Indonesia. Foto : Medcom.
Jakarta: Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) melakukan survei untuk melihat dampak Grab terhadap perekonomian dan sosial budaya di Kupang dan Jayapura. Hasilnya, kehadiran Grab telah menambah lapangan pekerjaan dan pendapatan para mitra.

Kepala Kelompok Kajian Ekonomi Digital dan Ekonomi Perilaku LPEM FEB UI Chaikal Nuryakin mengatakan dampak Grab ini dilihat dari sisi mitra merchant, driver, serta pengguna. Survei dilakukan terhadap 197 mitra merchant Grab, 190 mitra driver Grab, serta 196 pengguna Grab yang dibandingkan dengan responden non Grab.
"Dari sisi merchant, kita lihat memang Grab telah menyediakan job creation. Dari 100 persen yang diciptakan, 49 persen itu sudah memiliki bisnis sebelumnya tapi kalau kita lihat ada 12 persen yang sebelumnya tidak bekerja kemudian mereka membuat bisnis," kata dia dalam webinar, Rabu, 10 November 2021.

Selama 2019-2021, Grab diperkirakan telah menciptakan pekerjaan bagi 0,39 persen pengangguran individu yang ada di Kupang dan Jayapura. Sedangkan sebanyak 60 persen pekerjaan baru yang dibuat dengan kehadiran Grab di Kupang dan Jayapura itu adalah dimanfaatkan oleh para pekerja perempuan.

"Pendapatan para merchant ini juga naik, dari yang sebelumnya enggak punya pekerjaan ini sekarang bisa mendapat Rp5 juta per bulan, sedangkan yang wage worker bisa tambah menjadi sekitar Rp11 juta. Jadi dampak di sini sangat besar dalam meningkatkan pendapatan, namun yang kita temukan kenaikan ini sedikit bagi yang bisnisnya sudah jalan sebelumnya," ungkapnya.

Sementara dari sisi mitra driver, kehadiran Grab ini membuka lapangan pekerjaan bagi sekitar 0,98 persen pengangguran individu di Kupang dan Jayapura. Dari hasil survei, sebanyak 21 persen driver sebelumnya tidak bekerja, 35,3 persen yang sudah bekerja dan menjadi driver sebagai sampingan, 18,8 persen part time driver dan 24,1 persen hanya menjadi driver.

"Income setelah menjadi mitra driver mereka enggak cuma dapat income dari mengemudi, tapi mereka juga mendapatkan income dari lainnya, karena salah satu potensial faktornya membuka job opportunity kesempatan income lain dari mitra. Ketika menjadi mitra mereka punya akses ke kredit, akses ke jaringan dan komunitas," jelas dia.

Baik bagi mitra merchant maupun driver keberadaan Grab juga meningkatkan inklusi keuangan mereka. Sebanyak 100 persen mitra merchant memiliki akun bank atau e-wallet meski baru 52 persen penggunaannya, sedangkan mitra driver juga seluruhnya memiliki akun bank atau e-wallet dengan 41,6 persen sudah memiliki mobile banking.

"Selain itu, para mitra driver juga sudah banyak memanfaatkan layanan keuangan lainnya. Sebanyak 19,5 persen sudah memiliki asuransi, 7,9 persennya memiliki investasi, dan 28 persennya telah mengakses pinjaman. Yang paling penting asuransi ini, mayoritas 58,1 persennya memiliki asuransi untuk diri sendiri tetapi juga keluarga," ujarnya.

Di sisi pengguna, 56,9 persen mengatakan penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan lebih dari 70 persen yang menyebut finding driver dalam kategori mudah dan sangat mudah. Sementara dari segi keamanan, sebanyak 58,1 persen responden perempuan mengatakan layanan Grab Car lebih aman dibandingkan Grab Bike maupun Grab Food.

"Ekspektasinya memang prize stabilization in rush hour lebih banyak sekitar 58 persen untuk Grab Bike dan 44 persen untuk Grab Car. Selain itu juga more promosi yang diharapkan para pengguna. Tapi disini juga mungkin ada concern karena adanya limited supply di Kupang dan Jayapura sehingga harganya naik saat rush hour," pungkasnya.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id