Shopee Catat 260 Juta Transaksi Selama Covid-19

    Antara - 01 September 2020 22:37 WIB
    Shopee Catat 260 Juta Transaksi Selama Covid-19
    Ilustrasi transaksi perdagangan elektronik - - Foto: Medcom
    Jakarta: Platform perdagangan elektronik, Shopee Indonesia, mencatat 260 juta transaksi sepanjang kuartal II-2020. Transaksi tersebut meningkat 2,8 juta dari transaksi harian selama pandemi covid-19.
     
    "(Transaksi) Ini meningkat lebih dari 130 persen dibanding tahun lalu dan ini indikator positif bagi industri digital dan e-commerce yang terbukti jadi penyokong kebutuhan masyarakat saat pandemi," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dikutip dari Antara, Selasa, 1 September 2020.
     
    Menurut Handhika, peningkatan transaksi didorong oleh perubahan perilaku masyarakat yang kini lebih menyadari kemudahan dari penggunaan platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
     
    Pada kuartal III dan IV, akan ada kampanye belanja online yang diharapkan dapat mendorong perkembangan transaksi ke depan.
     
    "Maka kami ingin beri pengalaman belanja online yang aman dan nyaman. Kami juga akan beri promo menarik untuk mendukung pemulihan ekonomi dari sisi penjual dan pembeli. Kami juga mau fokus inovasi aplikasi untuk beri pengalaman terbaik," terang dia.
     
    Ia pun berencana mengembangkan metode pembayaran dengan transfer bank hingga dibayar langsung menggunakan sistem Cash on Delivery (COD) untuk mengakomodasi masih banyaknya masyarakat yang belum bankable.

    "Kita mencatat kenaikan hampir 2,5 kali lipat dari penggunaan COD selama kuartal II-2020," tambah dia.
     
    Marketplace berbasis di Singapura itu juga menyediakan metode pembayaran dengan dompet digital (e-money) ShopeePay yang diklaim sebagai layanan uang elektronik dengan pertumbuhan paling pesat sejak Maret 2020.
     
    Adapun ShopeePay mencatat pertumbuhan transaksi offline enam kali lipat dalam beberapa bulan terakhir. Kemudian transaksi di luar Jabodetabek meningkat lebih dari delapan kali dalam beberapa bulan terakhir. Sedangkan fitur transfer ShopeePay mencatat peningkatan lima kali lipat dalam beberapa bulan terakhir.

    "Ini menandakan penggunaan metode pembayaran digital ini tinggi. Ini juga menandakan akselerasi pertumbuhan pembayaran digital dari offline, ke bank, sekarang ke e-money seiring dengan pertumbuhan e-commerce," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id