Inklusi Keuangan Digital Tumbuh, Kinerja Koinworks Positif pada Kuartal III-2020

    Annisa ayu artanti - 22 Oktober 2020 15:07 WIB
    Inklusi Keuangan Digital Tumbuh, Kinerja Koinworks Positif pada Kuartal III-2020
    Ilistrasi layanan digital. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Seiring dengan pertumbuhan inklusi dan literasi keuangan digital yang terjadi di Indonesia, pelaku sektor keuangan digital Indonesia, KoinWorks mencatat pertumbuhan positif.

    CEO & Co founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan sejak berdiri 2016 lalu KoinWorks terus percaya bahwa digitalisasi sektor keuangan dapat memberikan pengaruh positif dalam mendorong inklusi keuangan yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

    "Pencatatan kinerja positif yang kami bukukan hingga pertengahan 2020 ini, pun sekali lagi membuktikan bagaimana sektor fintech di Indonesia dapat berkontribusi secara aktif dalam mendekatkan layanan keuangan yang mudah, terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Benedicto dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Hingga kuartal III-2020 KoinWorks melalui KoinBisnis juga telah menyalurkan hampir Rp2.5 triliun sepanjang 2020 ke berbagai sektor UKM khususnya sektor UKM Digital Indonesia.

    KoinWorks juga mencatat pertumbuhan yang signifikan pada produk diversifikasi aset melalui produk penjualan surat utang dan obligasi negara melalui KoinBond juga layanan jual-beli emas di KoinGold.

    KoinGold yang diluncurkan pada Juni lalu mengalami pertumbuhan transaksi hingga lebih dari 300 persen dengan total transaksi hingga Rp2 miliar per bulan.

    Menurutnya, pencatatan tersebut mengartikan bahwa ragam layanan finansial yang KoinWorks hadirkan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna khususnya di tengah kondisi pandemi yang secara umum telah membuat masyarakat lebih tertarik untuk memilih produk diversifikasi aset yang bersifat safe haven seperti emas.

    Selain itu, meningkatnya kebutuhan tak terduga di masa pandemi juga telah mendorong banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memberikan fasilitas finansial kepada karyawannya, terlihat dari semakin bertambahnya mitra perusahaan yang bergabung di KoinGaji.

    Hingga kuartal III-2020 telah memberikan kemudahan solusi finansial dengan total salary advance setiap bulannya hingga Rp150 juta, dan rata-rata pencairan gaji dari karyawan mitra mulai dari Rp3 juta sampai Rp10 juta.

    Ia menambahkan seluruh pencatatan positif yang KoinWorks bukukan tersebut tentunya tak terlepas dari dukungan seluruh pengguna, baik peminjam maupun ribuan pendana ritel dan institusi.

    "KoinWorks pun akan terus pada misinya untuk mengembangkan dan melengkapi produk finansial yang dapat menjawab kebutuhan pasar serta memperluas akses finansial demi inklusi keuangan di Indonesia," tukasnya. 

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id