Tokopedia, Ovo, dan Grab Bantu Perkuat Pengamanan Sosial

    Annisa ayu artanti - 17 April 2020 18:18 WIB
    Tokopedia, Ovo, dan Grab Bantu Perkuat Pengamanan Sosial
    Ilustrasi Tokopedia, Ovo, dan Grab bantu perkuat pengamanan sosial - - Foto: Medcom
    Jakarta: Ekosistem digital Indonesia kembali membantu pemerintah untuk memperkuat pengamanan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi virus korona (covid-19).

    Bantuan pengamanan sosial diberikan dalam bentuk program 'Patungan untuk Berbagi THR' yang digagas Tokopedia, OVO, dan Grab. Bantuan ini disalurkan oleh Benih Baik bersama komunitas Jaringan Gusdurian dan PP Pemuda Muhammadiyah kepada pekerja informal di Jaobdetabek.

    Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan patungan berbagi THR ini dilakukan menggunakan sistem donasi nontunai untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui uang tunai.

    "Dengan menggunakan platform digital, implementasi kampanye ini diharapkan memungkinkan dan memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi, berkontribusi dan berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan," kata Karaniya dalam siaran virtual di Jakarta, Jumat, 17 April 2020.

    Karaniya menargetkan pembagian THR dalam bentuk sembako ini dapat tersalurkan kepada 100 ribu penerima. Untuk tahap pertama, ia menargetkan penerima manfaat bisa mencapai 15 ribu.

    Dalam kesempatan yang sama, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengungkapkan Tokopedia mempercayai penggunaan teknologi dapat mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk berpartisipasi dalam membantu orang lain.

    "Di Patungan Untuk Berbagi THR kali ini, kami mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan," ucapnya.

    Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, terlepas dari kondisi yang kurang mendukung karena covid-19, Grab berusaha mengantarkan paket sembako dari program tersebut dengan menerapkan standar kesehatan.  

    "Grab juga kembali melaksanakan Patungan untuk Berbagi dengan Tokopedia dan OVO, siap membantu masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mengantarkan bantuan bagi pekerja sektor informal yang membutuhkan," jelas dia.

    Sedangkan Andy F. Noya, mewakili BenihBaik.com menyadari pemerintah juga memiliki keterbatasan dalam menangani covid-19 yang sudah menekan perekonomian Tanah Air. Karena itu, ia berharap kampanye ini dapat membantu program pemerintah dalam menyediakan jaring pengaman sosial dengan memberikan pasokan tambahan bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak covid-19.
     
    "Saat ini sudah ada 60 ribu calon penerima manfaat, ini untuk yang pertama di sektor informal. Target utama di Jakarta. Teman-teman Gusdurian sudah mendatanya," tukas dia.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id