Bos BCA: ATM Dulu Populer, Sekarang Penggunaannya Cuma 13 Persen

    Rendy Renuki H - 30 Juli 2021 15:08 WIB
    Bos BCA: ATM Dulu Populer, Sekarang Penggunaannya Cuma 13 Persen
    Ilustrasi (Medcom.id)



    Jakarta: Pamor mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di masa pandemi Covid-19 mulai menurun. Hal itu diakui Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

    Menurutnya di masa pandemi ini masyarakat lebih tertarik bertransaksi digital. Tak hanya ATM, persentase nasabah yang datang ke kantor bank pun kian menurun.

     



    "ATM yang dulu populer sekarang menurun penggunaannya cuma 13 persen, cabang yang dulu 40 persen sekarang 0,8 persen," kata Jahja secara virtual, Jumat 30 Juli 2021. 

    "Jadi 86 persen lebih itu sudah digitalize apakah itu dalam bentuk mobile banking, internet banking dan super apps kita yang baru semuanya digitalisasi," lanjutnya.

    Selain transaksi digital, Jahja bilang, pihaknya juga terus melakukan adaptasi dan proses bisnis kearah digital guna mempertahankan kinerja di tengah pandemi.

    "Memang masa-masa sulit tahun 2020 kita belajar meningkatkan kinerja digital, baik morgage, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), digital payment, hingga membuat aplikasi yang baru. Disamping itu kita juga terus giatkan edukasi nasabah untuk terus gunakan digital," cetusnya.

    Tak hanya BCA, sejumlah pelaku usaha juga melakukan hal yang sama. Presiden Direktur BNI Life Shadiq akasya mengakui, dalam kondisi pandemi ini kita dipaksa merubah proses bisnis dan kita tengah bersiap dengan proses digitalisasi. 

    "Saat ini harusnya kita menambah value added kepada kustomer. Dalam merubah digital tidak hanya sistem tapi kita juga harus lihat dari desain keamanan dan data. Karena isu security data menjadi hal yang penting saat ini," kata Shadiq dalam kesempatan yang sama.

    Atas dasar tersebut dan untuk melihat bagaimana perkembangan dunia usaha di era digital ini, Warta Ekonomi mengadakan riset dan memberikan penghargaan Indonesia Financial Top Leader 2021 kepada pimpinan perusahaan yang berhasil mengelola perusahaannya bekinerja baik di tengah tantangan pandemi Covid-19.

    "Warta Ekonomi ingin memberikan apresiasi pada para pimpinan institusi baik bank maupun nonbank yang terbukti mampu menjaga dan mengelola perusahaan untuk tumbuh dengan baik. kami ucapkan selamat kepada mereka yang berhasil, mereka yang telah menunjukkan tanda-tanda kemajuan yang diperoleh selama ini," tutur Fadel Muhammad, Presiden Komisaris Warta Ekonomi.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id