comscore

Dorong Literasi Keuangan, Mastercard Gandeng Fintech

Arif Wicaksono - 24 Mei 2022 18:13 WIB
Dorong Literasi Keuangan, Mastercard Gandeng Fintech
Ilustrasi Mastercard. Foto: Mastercard.
Jakarta: Jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 202 juta orang atau 73 persen dari total penduduk pada 2020 menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar keempat di dunia.

Di sisi lain, Survei We Are Social di April 2021 juga menyampaikan bahwa 88,1 persen pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu dalam beberapa bulan terakhir, persentase ini merupakan yang tertinggi di dunia.
Sayangnya, jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah transaksi digital yang dilakukan masyarakat. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya literasi finansial, tingkat penghasilan, dan modal bagi UMKM terutama di area non-urban.

Kondisi ini mencerminkan kebutuhan khusus terhadap solusi yang dapat meningkatkan inklusi keuangan untuk memperluas akses masyarakat ke beragam layanan finansial, mulai dari pembayaran hingga simpanan, pembayaran, dan investasi.

Untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Mastercard, perusahaan teknologi di bidang industri pembayaran berskala global, jalin kerja sama dengan Ayoconnect, platform Open Finance terbesar di Asia tenggara dengan menjalankan program berbasis teknologi open banking. Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

Kategori transaksi ini dipilih sebagai sasaran program karena dinilai dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, Survei Nasional BPS di tahun 2021 menyatakan pengeluaran untuk tagihan rutin berkontribusi terhadap 24 persen pengeluaran rata-rata per kapita sebulan masyarakat Indonesia.

Insentif disalurkan melalui diskon senilai hingga Rp50.000 untuk pembayaran 10 kategori produk digital dan produk tagihan di lima platform e-commerce dan dompet digital di Indonesia.

Sepuluh kategori produk digital dan produk tagihan tersebut meliputi pulsa, paket data, listrik, air, internet, tv kabel, telepon, voucher game, BPJS Kesehatan, dan voucher digital. Platform yang sudah berpartisipasi pada program ini adalah JD.ID dan DANA. E-commerce lain juga direncanakan untuk bergabung hingga akhir periode diskon pada Juni 2022..

CEO & Founder Ayoconnect Jakob Rost menyampaikan kolaborasi yang terjalin antara Mastercard, e-commerce, dan dompet digital merupakan suatu sinergi yang dibutuhkan untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi yang aman dan memudahkan pelanggan.

"Ayoconnect bangga dapat berperan menjembatani kerja sama antara Mastercard dengan lima platform e-commerce dan dompet digital melalui jaringan open banking kami. Ke depannya, kami akan terus menghadirkan inovasi untuk membangun infrastruktur teknologi finansial sebagai salah satu pilar pendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.” jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 24 Mei 2022.

Country Manager Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan Mastercard senang berkolaborasi dengan Ayoconnect untuk menyediakan akses ke layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen di era digital.

"Melalui kolaborasi ini, konsumen akan dapat melakukan pembayaran tagihan mereka dengan aman dan nyaman melalui platform daring. Mastercard percaya bahwa digitalisasi sistem pembayaran akan dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dari transaksi, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.”  jelas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id