Ovo dan Dana Merger, Grab Beli Saham EMTK Senilai Rp4 Triliun

    Annisa ayu artanti - 16 April 2021 13:07 WIB
    Ovo dan Dana Merger, Grab Beli Saham EMTK Senilai Rp4 Triliun
    Ilustrasi merger pembayaran digital Dana dan Ovo - - Foto: Medcom



    Jakarta: Perusahaan ride-hailing yang berbasis di Singapura, Grab telah membeli saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek. Hal tersebut menjadi sinyal bahwa perusahaan pembayaran digital mereka, Ovo dan Dana dapat bergabung.
     
    Melansir The Straits Times, Jumat, 16 April 2021, Grab didukung Softbank membeli saham sekitar empat persen dengan lebih dari Rp4 triliun dalam penjualan private placement.
     
    Pada 5 April 2021, Emtek mengumumkan telah menyelesaikan penjualan saham baru melalui private placement senilai Rp9,3 triliun dengan Naver Corporation, mesin pencari web terbesar di Korea Selatan, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc menjadi pembeli saham yang mewakili sekitar 8,4 persen dari perusahaan.

    Adapun private placement tersebut memperbesar modal yang disetor perseroan. "Grab beli lewat H Holdings," kata seseorang yang membantu transaksi tersebut kepada The Straits Times.

     



    "Hasil private placement akan digunakan untuk mengembangkan bisnis sekaligus membantu mendanai operasional sehari-hari," kata Emtek dalam pengajuan ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

    Setelah private placement, persentase pemegang saham Emtek utama terdilusi. Misalnya, kepemilikan pendiri Eddy Sariaatmadja turun menjadi 22,96 persen dari 24,9 persen. Pemegang saham utama lainnya adalah Anthoni Salim yang merupakan salah satu taipan terkaya di Indonesia.

    Sementara, Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartoto tidak menjawab pertanyaan tertulis yang dikirim oleh The Straits Times tentang investasi Grab dan kemungkinan merger dari dua perusahaan pembayaran digital tersebut. Grab juga tidak memberikan tanggapan langsung atas pertanyaan serupa.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id