Kuartal I-2021, Tokopedia Rajai Industri Marketplace RI

    Husen Miftahudin - 16 April 2021 20:58 WIB
    Kuartal I-2021, Tokopedia Rajai Industri <i>Marketplace</i> RI
    Ilustrasi Tokopedia - - Foto: dok Tokopedia



    Jakarta: Tokopedia masih merajai industri lokapasar (marketplace) Tanah Air di sepanjang kuartal I-2021. Berdasarkan data Similarweb pada tiga bulan pertama di tahun ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak diakses di internet.
     
    Tokopedia tercatat menguasai 32,04 persen traffic marketplace di Indonesia pada Januari 2021. Pada Maret 2021, persentase traffic share Tokopedia meningkat menjadi 33,07 persen.
     
    "Jumlah kunjungan bulanan selama kuartal I-2021 mencapai 126,4 juta, sedangkan pengunjung unik bulanan mencapai 38,93 juta," ungkap data Similarweb yang dikutip Jumat, 16 April 2021. 
     
    Shopee berada di peringkat kedua dengan porsi traffic 29,73 persen di Maret 2021. Persentase ini menurun dibanding traffic share Shopee di Januari 2021 yang mencapai 29,78 persen. Sepanjang Januari-Maret 2021, Shopee mengantongi 117 juta kunjungan bulanan dan pengunjung unik per bulan sebanyak 35,74 juta. 
     
    Sementara itu, peringkat lima besar lain secara berurutan ditempati oleh Bukalapak, Lazada, dan Blibli pada periode Maret 2021. Bukalapak tercatat memiliki traffic share sebesar 7,79 persen. 
     
    Selama kuartal I-2021, Bukalapak tercatat memiliki kunjungan bulanan sebanyak 31,27 juta. Sedangkan pengunjung unik per bulannya mencapai sebesar 12,83 juta.
     
    Lazada pada Maret 2021 memiliki traffic share 7,45 persen. Pada Januari-Maret 2021, kunjungan bulanan Lazada mencapai 28,20 juta dan pengunjung unik bulanannya tercatat ada 11,22 juta.
     
    Blibli menutup posisi lima besar dengan porsi trafik 4,86 persen pada Maret 2021. Selama kuartal I-2021, kunjungan bulanan Blibli sebanyak 18,52 juta sedangkan pengunjung unik bulanannya mencapai 9,64 juta.
     
    "Selama Maret 2021, peringkat enam hingga 10 secara berurutan ditempati oleh iPrice, Amazon, Ralali, Cekresi, dan JD.ID," urai data Similarweb tersebut. 
     
    Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa transaksi ekonomi digital akan semakin pesat tahun ini. Ia memproyeksikan transaksi daring atau e-commerce lewat marketplace 2021 akan tumbuh hingga 33,2 persen (yoy). 
     
    "Transaksi e-commerce pada tahun lalu diperkirakan mencapai Rp253 triliun dan akan melonjak hingga Rp337 triliun di 2021 atau tumbuh 33 persen," ungkapnya beberapa waktu lalu.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id