Pos Indonesia Dorong Inklusi Keuangan di Era Revolusi Digital

    Arif Wicaksono - 03 Oktober 2021 14:37 WIB
    Pos Indonesia Dorong Inklusi Keuangan di Era Revolusi Digital
    Pos Indonesia. Foto : Medcom.



    Jakarta: PT Pos Indonesia mengembangkan layanan setor tunai dengan perbankan untuk mendorong inklusi keuangan di seluruh indonesia. Ini sebagai langkah PT Pos untuk memaksimalkan aset dalam era revolusi digital. PT Pos Indonesia mengembangkan layanan setor tunai/top up dan tarik tunai/cash out untuk MotionBanking dan MotionPay untuk menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked.

    Pos Indonesia memiliki jaringan 4.524 kantor pos di seluruh Indonesia, tersebar hingga ke pelosok nusantara. Didukung dengan akseptasi masyarakat terhadap layanan keuangan digital yang terus meluas, layanan setor tarik tunai kerja sama Motionbanking dan Pos Indonesia memungkinkan inklusi keuangan masyarakat di wilayah dengan akses kantor cabang bank yang terbatas.

     



    Kolaborasi dengan MotionBanking merupakan wujud komitmen Pos Indonesia untuk mengembangkan bisnis serta berpartisipasi dalam upaya nasional meningkatkan inklusi keuangan.

    Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi menuturkan kerja sama Pos Indonesia dengan MotionBanking semakin melengkapi berbagai layanan yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia baik itu layanan pengiriman barang, dokumen atau kebutuhan akan transaksi layanan keuangan.

    "Terutama seperti pembayaran berbagai tagihan listrik, air, pulsa, cicilan kendaraan, iuran BPJS Kesehatan, premi asuransi, termasuk setor dan tarik tunai bagi nasabah MotionBanking. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan hingga ke seluruh wilayah Republik Indonesia.” jelas dia dalam keterangan resminya, Minggu, 3 Oktober 2021.

    COO MotionBanking Teddy Tee yakin kerja sama MotionBanking dengan Pos Indonesia menjadi langkah penting untuk mengakomodasi kebutuhan perbankan masyarakat di pelosok.

    Dengan kerja sama ini, MotionBanking memposisikan diri melayani nasabah di daerah terpencil di Indonesia. Fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi pendorong user acquisition dari kalangan unbanked dan underbanked yang masih mendominasi hingga lebih dari 70 persen  masyarakat Indonesia.

    "Kami akan terus mendorong literasi keuangan hingga ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan.” jelas dia.

    Pos Indonesia terus berupaya meningkatkan fondasinya menuju transformasi menjadi organisasi yang berinovasi dengan melayani dan menjangkau setiap pelosok Indonesia selama lebih dari 275 tahun.

    Berfokus pada empat pilar layanan utama yang menyediakan layanan kurir dan logistik, bisnis jaringan dan layanan keuangan, properti, dan Pos Financial (PosFin), Pos Indonesia juga membangun jembatan digital agar lebih dekat dengan pelanggan dan memfasilitasi berbagai kebutuhan layanan jasa keuangan, kurir, dan logistik.

    Tak hanya meningkatkan inklusi keuangan, aset PT Pos Indonesia juga bisa digunakan untuk meningkatkan perdagangan secara daring. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan aset-aset PT Pos Indonesia yang bertempat di lokasi sangat strategis dapat dimanfaatkan menjadi sentral distribusi bagi e-commerce.
     
    "Saya rasa aset-aset Pos Indonesia yang luar biasa lokasinya, ini juga bisa dimanfaatkan menjadi sentral distribusi bagi e-commerce," ujar Erick Thohir, dilansir Antara, beberapa waktu lalu.
     
    Menurut dia, titik-titik lokasi aset Pos Indonesia ini luar biasa dan memiliki keunggulan sebagai sentral distribusi dengan titik tercepat dan terdekat. PT Pos Indonesia (Persero) akan menyelesaikan distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) di beberapa wilayah terluar yang belum selesai.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id