comscore

Pandemi Covid Buka Peluang Bisnis Rambah Ekosistem Digital

Ade Hapsari Lestarini - 09 Agustus 2021 16:34 WIB
Pandemi Covid Buka Peluang Bisnis Rambah Ekosistem Digital
Foto: Grafis Medcom.id
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat orang harus mengubah pola pikir, pola perilaku, serta menjalankan aktivitas dari rumah. Mulai bekerja dari rumah, sekolah daring, hingga berbelanja.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebelumnya menyebut sebanyak 6,5 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) beralih ke ekosistem digital atau berjualan online selama pandemi covid 19.

 



Padahal, kata Teten, jumlah pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital selama 10 tahun sejak lokapasar (marketplace) daring hadir di Indonesia, tercatat sebanyak delapan juta UMKM.

Kondisi ini pun menjadi peluang bagi sejumlah perusahaan yang mulai menjalankan bisnisnya secara online. Salah satunya, FreshBox, sebuah aplikasi online untuk memenuhi kebutuhan dapur, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, bumbu dapur, dan beragam kebutuhan dapur lainnya.

Dengan cara ini, FreshBox ikut mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Berbelanja aman, namun dengan jaminan produk yang diterima oleh pelanggan sama segarnya jika mereka membeli di pasar.

Founder FreshBox, Matthew James mengatakan, FreshBox membawa konsep farm to table, yang artinya produk dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang mereka miliki. "FreshBox dimulai dari sebuah mimpi oleh ibu saya untuk menjual sayur-mayur yang segar karena beliau sangat menyukai berkebun. Saya percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa, kami kembangkan FreshBox sampai apa adanya hari ini," ungkap Matthew, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 Agustus 2021.

FreshBox merupakan startup company yang berawal menyuplai kebutuhan perusahaan yang bergerak di hotel, restoran, dan katering. Berdiri sejak 2018 di bawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera. Hingga saat ini, FreshBox telah bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran.

Seiring kebutuhan masyarakat, Feshbox juga akhirnya ekspansi dengan membuka layanan untuk end user. Pada akhir 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com, dan FreshBox juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2020, FreshBox yang terus berinovasi meluncurkan aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini bisa diunduh untuk smartphone android maupun ios. Kemudian seiring berjalannya waktu dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, saat ini layanan FreshBox sudah bisa dinikmati oleh semua masyarakat di semua platform marketplace di Indonesia, dan juga telah memiliki lima offline store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC Kuningan, Gandaria, dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah Kapuk).

Rencananya, beberapa gerai offline tambahan akan dibuka ke depannya melihat animo masyarakat yang cukup tinggi. Selain fokus pada pengembangan offline store, FreshBox juga fokus pada penyediaan layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger, dan GOfresh.

Soal pasokan, lanjut dia, FreshBox menggandeng para petani di Pulau Jawa untuk menyediakan suplai sesuai dengan permintaan pasar. Dengan konsep jadwal produksi antarpetani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di antara mereka.

FreshBox juga memiliki beberapa depo quality control yang lokasinya dekat dengan kebun, yang berfungsi memilah dan memilih hasil panen terbaik serta pengemasan yang aman, sebelum dilakukan final check. Tujuannya, untuk memastikan produk yang diterima pelanggan tetap segar, aman, dan berkualitas.

"Kami dapatkan produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk segar dikirim ke fasilitas pemrosesan yang kami lakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk last mile delivery ke konsumen," jelas Matthew James.

Sementara untuk distribusi, FreshBox juga memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas. Bahkan untuk menjangkau pelanggan lebih jauh dan lebih banyak lagi, FreshBox telah bekerja sama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan sampai tepat waktu pada konsumen.

Matthew juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang mereka unggulkan, di antaranya adalah komitmen pengiriman H+1 untuk menjaga kepuasan pelanggan, memiliki kebun sendiri sehingga produk  baik kualitas maupun ketersediaannya bisa dipastikan, dan juga memiliki in-housefleet sendiri.

"Bukan hanya sebagai tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan, gerai offline FreshBox juga dibuat senyaman mungkin bagi pelanggan. Dengan kesadaran hidup sehat dan tren belanja masyarakat di new normal, FreshBox percaya diri akan terus berkembang dan menyentuh banyak lapisan masyarakat," pungkas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id