Kinerja Tiga Jenis Reksa Dana Diprediksi Moncer di 2020

    Annisa ayu artanti - 13 Januari 2020 16:03 WIB
    Kinerja Tiga Jenis Reksa Dana Diprediksi Moncer di 2020
    Ilustrasi investasi reksa dana. Foto : Medcom.
    Jakarta: Kinerja tiga jenis reksa dana diprediksi akan moncer di 2020. Direktur Panin Aset Management Rudiyanto mengatakan ada beberapa poin positif yang bakal mendukung kinerja produk reksa dana seperti saham, pendapatan tetap dan pasar uang pada sepanjang tahun ini.

    Untuk produk reksa dana saham, salah satu faktor pendukungnya adalah kenaikan harga minyak sawit yang kemudian berdampak pada laporan keuangan perusahaan dan peningkatan daya beli masyarakat.

    "Reksa dana saham berpotensi membukukan kinerja positif yang ditopang dari kenaikan harga minyak sawit," kata Rudiyanto kepada Medcom.id, Senin, 13 Januari 2020.

    Kemudian, ia melanjutkan, faktor pendukung produk reksa dana saham  tahun ini adalah kestabilan politik pasca pemilu Indonesia dan beberapa rencana penerbitan regulasi pendukung perekonomian Tanah Air serta rotasi dana asing yang bakal masuk ke negara berkembang seperti Indonesia juga diyakini bisa mendongkrak kinerja reksa dana saham.

    "Kedua, Kestabilan politik pasca pemilu dan harapan pada Undang-Undang Omnibus Law terutama terkait pada turunnya tarif pajak perusahaan. Ketiga, rotasi dana asing dari negara maju ke negara berkembang yang sudah terjadi sejak akhir tahun lalu," jelas dia.

    Sementara untuk kinerja reksa dana pendapatan tetap, Rudiyanto juga optimistis akan masih positif sepanjang 2020. Hal itu dikatakan lantaran Bank Indonesia diprediksi masih akan menurunkan sebesar satu persen tahun ini.

    "Kinerja reksa dana pendapatan tetap masih akan positif, tapi potensinya tidak setinggi tahun lalu karena penurunan suku bunga kalaupun ada hanya maksimal dua kali atau 50 bps," ucap dia.

    Sedangkan untuk reksa dana pasar uang akan positif karena diprediksi investor akan berinvestasi pada aset yang relatif aman seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun.
     
    "Reksa dana pasar uang akan terus membukukan kinerja positif," tukas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id