Erick Thohir Siapkan IPO Holding Rumah Sakit BUMN

    Desi Angriani - 09 Januari 2020 19:30 WIB
    Erick Thohir Siapkan IPO Holding Rumah Sakit BUMN
    Menteri BUMN Erick Thohir. Foto : Medcom/Suci.
    Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan 78 anak usaha BUMN kesehatan melantai di bursa atau Initial Public Offering (IPO). Ini menjadi syarat agar rumah sakit pelat merah di Indonesia masuk dalam holding BUMN Rumah Sakit.

    "Ya kan salah satu metode agar good corporate governance itu terjaga salah satunya dengan go public dan itu kan ada yang mengawasi. Tidak hanya kami, publik, BPK, auditor," kata Erick ditemui di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

    Erick mengungkapkan puluhan anak usaha BUMN kesehatan memiliki revenue sebesar Rp5 triliun per tahun. Namun, kualitas dan fasilitas di rumah sakit tersebut belum setara.

    "RS BUMN ini bisa kita tingkatkan menjadi yang terpercaya dan terkemuka," tambahnya.

    Karena itu, ia ingin potensi tersebut dapat dimaksimalkan dengan menunjuk salah satu induk holding BUMN. Namun, Pertamina maupun Pelni dipastikan tidak terlibat dalam induk holding BUMN Rumah Sakit meski memiliki anak usaha di sektor kesehatan. Hal ini agar lini bisnis kedua perusahaan pelat merah tersebut tidak terganggu.

    "Nah ini kan cukup potensi sayang kalau tidka difokuskan jadi expertise sayang," pungkas dia.

    Pemerintah sebelumnya meluncurkan Indonesia Healthcare Corporation (IHC). Perusahaan ini merupakan induk usaha (holding) yang membawahi rumah sakit BUMN. Holding ini merupakan terobosan pemerintah dalam meningkatkan standar pengelolaan rumah sakit yang dimiliki negara.

    Perusahaan ini mengelola lebih dari 70 rumah sakit BUMN. Pembentukan holding rumah sakit BUMN diharapkan dapat meningkatkan posisi tawar dan daya saing dalam bisnis rumah sakit.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id