2020 BEI hanya Targetkan 57 IPO

    Annisa ayu artanti - 02 Januari 2020 14:05 WIB
    2020 BEI hanya Targetkan 57 IPO
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.
    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan jumlah perusahaan yang melakukan aksi pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) di bursa sebanyak 57 perusahaan.

    Angka tersebut tidak berbeda dengan target yang dicanangkan bursa tahun lalu. Menurut Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, target ini cukup moderat melihat kondisi 2020 yang dinilai bursa tidak jauh berbeda dengan 2019.

    "Emiten kami ingin seperti dua tahun yang lalu minimal 57 perusahaan," kata Hasan ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 2 Januari 2020.

    Di antara target IPO perusahaan itu, Hasan menegaskan bursa tidak memilih skala perusahan yang akan bergabung di bursa. Bursa terbuka bagi setiap perusahaan yang ingin bergabung dengan menyiapkan beberapa fasilitas pendukung.

    "Kami luncurkan papan akselerasi, nanti akan ada emiten yang sangat kecil dimungkinkan penggalanan di bursa. Yang kecil bisa masuk, menengah dana besar semua bisa masuk semua dalam meningkatkan tata kelola," ucap dia.

    Di sisi lain, ketika ditanya mengenai perusahaan rintisan atau start up dengan valuasi USD1 miliar atau unicorn yang didorong untuk IPO, pihak bursa belum bisa memastikan. Sepengetahuannya, perusahaan-perusahaan unicorn itu masih dalam proses.

    "Kami sudah buka ketentuannya (untuk IPO unicorn), masih berproses, belum banyak berubah, calonnya sudah banyak diberitakan," ucap dia.

    Bursa mencatat jumlah perusahaan IPO di 2019 sebanyak 55 perusahaan, lebih rendah dari capaian 2019 yang mencapai 57 perusahaan. Bursa menyampaikan rendahnya capaian tersebut lantaran sepanjang 2019 banyak faktor eksternal yang berimbas kepada kinerja pasar modal.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id