XL Axiata Sudah Punya Infrastruktur Dasar untuk Ibu Kota Baru

    Annisa ayu artanti - 05 September 2019 15:17 WIB
    XL Axiata Sudah Punya Infrastruktur Dasar untuk Ibu Kota Baru
    Illustrasi. Dok ; MI/Panca S.
    Jakarta: PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah memiliki infrastruktur dasar untuk kebutuhan jaringan telekomunikasi di ibu kota baru.

    Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan perusahaannya telah memiliki jaringan fiber untuk menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Perusahaan juga telah memiliki sejumlah BTS (Base Transceiver Station) di beberapa kabupaten.

    "Secara infrastruktur sudah siap. BTS juga sudah ada di beberapa kabupaten," kata Dian di XL Tower, Jakarta, Kamis, 5 September 2019.

    Ia menjelaskan jaringan fiber tersebut merupakan infrastruktur dasar untuk mengembangkan koneksi ke seluruh pelosok Kalimantan, termasuk ibu kota baru yang terletak di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

    "Di Kalimantan itu sudah terhubung fiber dengan Jawa, dengan Bali-Lonbok dan Sulawesi," jelas dia.

    Sementara itu, untuk BTS, lanjut Dian, sudah menjangkau 96 persen dari jumlah populasi di Kalimantan. Hingga kini jumlah BTS di Kalimantan sudah mencapai 2.000 BTS dan jaringan 4G LTE sudah terdapat di tujuh kabupaten kota.

    Saat ini perusahaan tengah menunggu lanjutan rencana pemerintah dalam pemindahan ibu kota tersebut, seperti rencana pembangunan dan grand design.

    "Yang perlu kita dapatkan adalah data-data plan kota tersebut. Sampai sekarang belum tau kotanya sebesar apa. Apa rencana pemerintah, apakah dijadikan pusat pemerintahan saja atau juga sebagai pusat bisnis," tukas dia.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id