IHSG Sepekan Meningkat 1,41%

    Angga Bratadharma - 19 Oktober 2019 12:04 WIB
    IHSG Sepekan Meningkat 1,41%
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma
    Jakarta: Data perdagangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan ini ditutup positif. Hal tersebut dapat dilihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini yang meningkat sebanyak 1,41 persen menjadi 6.191,947 dibandingkan dengan 6.105,800 pada penutupan pekan lalu.

    "Mengikuti jejak IHSG, nilai kapitalisasi pasar juga meningkat sebanyak 1,44 persen menjadi sebesar Rp7.119,477 triliun dibandingkan dengan Rp7.018,609 triliun pada penutupan pekan sebelumnya," ungkap Ph Sekretaris Perusahaan BEI Hani Ahadiyani, seperti dikutip dari keterangannya, Sabtu, 19 Oktober 2019.

    Data rata-rata transaksi BEI juga mengalami peningkatan pergerakan data. Peningkatan tertinggi terdapat pada rata-rata frekuensi transaksi yang mencatatkan peningkatan sebanyak 14,46 persen menjadi sebanyak 534,357 kali transaksi dibandingkan dengan 466,851 ribu kali transaksi pada penutupan pekan sebelumnya.

    Selanjutnya untuk rata-rata nilai transaksi mencatatkan peningkatan sebanyak 14,33 persen menjadi Rp9,040 triliun dari Rp7,906 triliun pada penutupan pekan lalu. Sedangkan rata-rata volume transaksi meningkat sebanyak 6,12 persen menjadi 15,680 miliar unit saham dari 14,776 miliar unit saham selama pekan lalu.

    "Sepanjang 2019, investor asing masih mencatatkan beli bersih sebesar Rp49,328 triliun dan investor asing pada hari ini mencatatkan jual bersih sebesar Rp338,58 miliar," sebut Hani.

    Di sisi lain, BEI terus berupaya untuk melakukan edukasi dan literasi pasar modal guna meningkatkan jumlah investor pasar modal di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memperluas jangkauan dari Galeri Investasi BEI (GI BEI) yang berada di seluruh wilayah di Indonesia. Pada pekan ini BEI meresmikan GI BEI di beberapa daerah di Indonesia.

    Pada Senin, 14 Oktober, BEI melalui Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah I bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal meresmikan tiga GI BEI di lokasi kampus yang berbeda, dimulai dengan peresmian GI BEI di Universitas Peradaban yang berada di Kota Tegal merupakan kerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas.

    Dan masih pada hari yang sama juga diresmikan GI BEI Politeknik Harapan Bersama Tegal, kerja sama dengan PT Philip Sekuritas Indonesia. Dilanjutkan pada Selasa, 15 Oktober, diresmikan GI BEI di Universitas Muhadi Setiabudi yang berlokasi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merupakan GI BEI bekerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id