HM Sampoerna Lebih Terpengaruh 'Jokowi Effect' Ketimbang 'Trump Effect'

    Dian Ihsan Siregar - 18 November 2016 12:47 WIB
    HM Sampoerna Lebih Terpengaruh 'Jokowi Effect' Ketimbang 'Trump Effect'
    Donald Trump. (FOTO: AFP)
    medcom.id, Jakarta: Manajemen PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) tidak terpengaruh imbas pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang dimenangkan Donald Trump kendati perseroan merupakan anak usaha dari Philip Morris International Inc (PMI).

    Manajemen HMSP mengungkapkan seluruh kinerja bisnis perseroan murni berbasis di dalam negeri.

    "Untuk bisnis Sampoerna, karena bisnis kami di dalam negeri. Kita produksi di pulau Jawa, membeli tembakau dan cengkeh dari Indonesia. Menjual rokok juga di Indonesia, jadi tidak pengaruh," kata mantan Presiden Direktur HM Sampoerna Paul Janelle, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

    Paul mengakui sentimen hasil Pilpres AS cukup memberi gejolak bagi ekonomi global. Sebab, mata uang Paman Sam menguat terhadap banyak nilai tukar negara lainnya. Penguatan USD banyak dikarenakan semakin kuatnya sinyal The Fed yang akan menaikkan suku bunganya, karena kebijakan yang akan dijalankan Trump.

    Meski demikian, Paul menekankan, bahwa hal itu sama sekali tidak mempengaruhi bisnis HM Sampoerna. Sembari tersenyum dia mengatakan jika HM Sampoerna lebih terpengaruh adanya Jokowi efek.

    "Karena kita murni di Indonesia ya kita kenanya Jokowi efek. Jadi bagi saya mungkin di dunia ada masalah dengan dolar tapi bisnsi Sampoera murni dengan rupiah," tutur Paul.

    Sebagai informasi, Paul Janelle resmi tidak menjabat lagi menjadi Presdir HM Sampoerna. Kursi Paul digantikan oleh Mindaugas Trumpaitis. Paul akan menjadi manajemen senior di PMI.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id