Kuartal I-2019, HM Sampoerna Cetak Laba Bersih Rp3,3 Triliun

    Nia Deviyana - 09 Mei 2019 19:08 WIB
    Kuartal I-2019, HM Sampoerna Cetak Laba Bersih Rp3,3 Triliun
    Illustrasi. Dok : AFP.
    Jakarta: PT HM Sampoerna Tbk membukukan laba bersih pada kuartal pertama 2019 sebesar Rp3,3 triliun. Angka ini tumbuh sebesar 8,4 persen dari kinerja periode yang sama tahun sebelumnya. 

    Demikian pula dengan pendapatan bersih yang tumbuh sebesar 2,9 persen menjadi Rp23,8 triliun dari kinerja periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp23,1 triliun. 

    "Ini didorong oleh harga yang lebih tinggi di berbagai merek dalam portofolio," ujar Direktur Utama Mindaugas Trumpaitis di kantornya, Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.

    Kinerja pada kuartal I-2019 melanjutkan capaian pada 2018. Mindaugas mengatakan perusaan mampu mempertahankan posisinya di industri rokok dengan pangsa pasar 33 persen dan volume penjualan tahunan sebanyak 101,4 miliar unit sehingga meraih pendapatan bersih pada tahun lalu sebesar Rp106,7 triliun. 

    Mindaugas merinci pangsa pasar Sampoerna mencakup 30,2 persen dalam segmen sigaret kretek mesin, 60,9 persen dalam segmen sigaret putih mesin, dan 37,7 persen dalam segmen sigaret kretek tangan. 

    Emiten berkode HMSP ini juga mengumumkan rencana pembagian dividen dari hasil keuntungan tahun buku 2018 senilai Rp13,63 triliun. Adapun dividen yang dibagikan adalah Rp117,2 per saham.

    Mindaugas menjelaskan besaran dividen lebih tinggi dari laba bersih 2018 sebesar Rp13,53 triliun. "Alasannya, perseroan memasukkan laba ditahan dari tahun sebelumnya," terangnya. 

    Pada kesempatan yang sama Mindaugas mengumumkan penambahan jumlah anggota Sampoerna Retail Community (SRC) menjadi 105 ribu peritel tradisional di Indonesia. Dia bilang hal ini menjadi salah satu pendorong kinerja Sampoerna.

    "Langkah kami ke depan dalam kemitraan ini adalah menciptakan peluang digital bagi para anggota SRC untuk mengembangkan bisnis melalui platform daring," pungkasnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id