SMF Terbitkan EBA-SP Retail Terjangkau

    Annisa ayu artanti - 02 Agustus 2018 10:29 WIB
    SMF Terbitkan EBA-SP Retail Terjangkau
    Suasana ketika SMF dan BNI Sekuritas meluncurkan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
    Jakarta: PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan PT BNI Sekuritas menghadirkan layanan transaksi produk Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel pertama di Indonesia melalui mekanisme perdagangan di pasar sekunder.

    Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan program pengembangan Pasar EBA-SP Ritel dilaksanakan bertujuan mengembangkan jumlah investor EBA-SP dengan target investor perorangan. Dalam hal ini, SMF akan berperan sebagai market maker guna menciptakan pasar sekunder EBA-SP menjadi lebih likuid.

    "Sebelumnya EBA-SP banyak dimiliki oleh investor institusi seperti dana pensiun (dapen), asuransi, dan lainnya. Peluncuran EBA SP Ritel ini merupakan upaya kami dalam memperluas dan mengembangkan investor base," kata Ananta, saat pembukaan perdagangan, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 2 Agustus 2018.

    Menurutnya adanya EBA-SP Ritel akan menjadi alternatif baru bagi masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal. SMF bekerja sama dengan BNI Sekuritas karena memiliki portal e-trading yang melayani jual beli reksa dana dan efek lainnya.

    "Kami berharap EBA-SP Ritel dapat diminati oleh para investor perorangan, sehingga ke depan kami bisa menjadikan EBA-SP Ritel sebagai pilihan alternatif investasi yang menarik dan aman," ujar dia.

    EBA-SP Ritel merupakan produk investasi pendapatan tetap yang aman dengan likuiditas instrumen investasi cukup tinggi di mana penyelesaian transaksi pembelian maupun penjualan produk investasi EBA-SP Ritel ini adalah T+1, sehingga nasabah dapat segera melakukan instruksi penarikan dana hasil penjualan setelah jatuh tempo penyelesaian transaksi penjualan.

    Produk EBA SP Ritel SMF yang akan dipasarkan oleh BNI Sekuritas adalah EBA-SP BTN 01 Kelas A dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan kupon bunga yang ditawarkan cukup menarik yaitu 8,6 persen per tahun dengan denominasi hanya Rp100.000.

    EBA-SP SMF-BTN01 KELAS A tercatat di BEI pada 3 Desember 2015 dengan tanggal jatuh tempo final EBA-SP Kelas A jatuh pada 7 Maret 2022, namun diperkirakan akan lunas lebih awal karena kumpulan tagihan mempunyai rata-rata tertimbang jatuh tempo selama 2,08 tahun.

    Presiden Direktur BNI Sekurita Adiyasa Suhadibroto menambahkan produk EBA-SP Ritel dari SMF dengan kupon 8,6 per tahun adalah investasi pendapatan tetap yang sangat menarik dan aman dan saat ini hanya dijual melalui BNI Sekuritas.

    "Investor EBA Ritel SMF akan mendapat pembayaran kupon bunga setiap tiga bulan dan apabila membutuhkan dana dapat menjual kembali EBA-SP Ritelnya sewaktu-waktu," pungkas Adiyasa.

     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id