Digempur Faktor Global, IHSG akan Bergerak Terbatas

    Annisa ayu artanti - 06 Februari 2020 10:02 WIB
    Digempur Faktor Global, IHSG akan Bergerak Terbatas
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melemah terbatas.

    Analis Pilarmas Investindo Indonesia Maximilianus Nico Demus dalam risetnya memperkirakan pelemahan terjadi karena gempuran faktor eksternal, terutama virus korona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

    Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed, juga cukup gelisah terkait dengan virus ini yang diprediksi akan membebani perekonomian Amerika dan mengancam pertumbuhan global.

    Tak hanya Amerika Serikat yang was-was terhadap virus ini, sejumlah negara juga mulai memperketat perjalanan dari dan ke Tiongkok untuk membatasi penyebaran virus tersebut.

    Sejauh ini beberapa negara yang sudah melakukan hal tersebut adalah Amerika, Inggris, Jepang, dan Indonesia. Mereka juga telah mengevakuasi warganya untuk keluar dari Wuhan.

    Selain itu, usai Inggris resmi keluar dari Uni Eropa mereka harus melakukan transisi. Dalam transisi tersebut akan memberikan kesempatan dan waktu keduanya untuk melakukan pengaturan ulang perdagangan dan keamanan di masa depan.

    Sementara dari dalam negeri, Nico menjelaskan pemerintah sedang mengusahakan agar investasi yang masuk sejalan dengan penyerapan tenaga kerja.

    Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan berusaha menggiring investasi ke sektor-sektor berkualitas dan mampu menciptakan lapangan kerja yang banyak. Hal itu akan menjadi daya tarik investor masuk ke Indonesia.

    "Melihat hal tersebut kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak melemah terbatas
    diperdagangkan pada level 6.065-6.152," ucap Nico.

    Sementara itu, tim riset BNI Sekuritas memprediksi indeks akan melaju positif selama masih di atas level 5.820. Indeks diprediksi akan bergerak bearish dalam tren jangka pendek dan menengah.

    Adapun untuk perdagangan hari ini, BNI Sekuritas mentaksir indeks akan diperdagangkan di level support-resistance 5.940-6.030.

    Beberapa saham yang direkomendasikan hari ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT), PT Medco Energi International Tbk (MEDC), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id