IHSG Terkerek Perseteruan Dagang AS-Tiongkok

    Ade Hapsari Lestarini - 14 Oktober 2019 09:31 WIB
    IHSG Terkerek Perseteruan Dagang AS-Tiongkok
    Ilustrasi. FOTO: MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan berada di zona hijau. Beberapa faktor akan mendorong gerak indeks saham Indonesia.

    "Kami perkirakan IHSG akan kembali menguat mengikuti bursa regional," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Senin, 14 Oktober 2019.

    Adapun pasar di AS bereaksi positif setelah Presiden Trump menyatakan kesepakatan dagang Tiongkok-AS telah dimulai secara bertahap. Perjanjian perdagangan akan ditulis selama tiga pekan ke depan.

    Selain itu Tiongkok juga akan membeli produk pertanian AS bernilai USD40 miliar-USD50 miliar. Sebagai kompensasi, AS sepakat menunda kenaikan tarif yang ditetapkan mulai berlaku Selasa pekan depan.

    "Pasar modal juga dapat dipengaruhi oleh sentimen dari potensi peningkatan harga komoditas pascaserangan tanker minyak Iran," jelas riset tersebut.

    Sementara itu pasar masih menunggu pengumuman anggota Kabinet Kerja jilid II. Sehingga dapat menjadi katalis positif untuk pasar apabila menteri yang terpilih sesuai harapan.

    "Pelaku pasar modal berharap, tim ekonomi Kabinet Kerja jilid II tidak didominasi oleh para politisi," paparnya.

    Selain itu neraca perdagangan akan dirilis dalam waktu dekat. Para ekonom memprediksi, untuk neraca perdagangan September 2019 akan mengalami defisit.

    Bursa saham AS pada Jumat, 11 Oktober 2019 pekan lalu ditutup positif. Indeks Dow Jones naik sebesar 1,21 persen, S&P 500 naik 1,09 persen, dan Nasdaq menguat sebesar 1,34 persen.

    Sementara itu bursa saham Eropa, FTSE mengalami kenaikan +0,84 persen dan Euro Stoxx naik +2,17 persen. Untuk bursa saham Asia, hari ini bursa saham Nikkei libur, namun pada Jumat pekan lalu, Nikkei ditutup dengan mengalami penguatan sebesar 1,15 persen.

    Sedangkan untuk Kospi dan ASX, bursa saham pagi ini dibuka dengan mengalami penguatan masing-masing +1,33 persen) dan +0,86 persen.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id