Investor Khawatir Perang Dagang Bikin Rupiah Terjerembab

    Antara - 25 November 2019 13:58 WIB
    Investor Khawatir Perang Dagang Bikin Rupiah Terjerembab
    Ilustrasi. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah tipis di awal pekan dan diprediksi masih akan terkoreksi.

    "Dalam perdagangan hari ini, baik fundamental maupun teknikal, kemungkinan rupiah masih akan melemah," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin, 25 November 2019.

    Sementara dari faktor eksternal, AS-Tiongkok diperkirakan akan mengundurkan perjanjian dagang fase I yang sebelumnya dimulai pada November 2019.

    Pengunduran perjanjian dagang ini akibat kompleksitas pembicaraan dagang terutama penolakan AS terhadap permintaan Tiongkok agar AS dapat berangsur-angsur menghapuskan tarif yang dikenakan terhadap Tiongkok.

    Dengan demikian, investor khawatir AS akan kembali menaikkan tarif pada 15 Desember 2019. Di sisi lain, hal ini diperberat dengan Kongres AS yang meloloskan RUU tentang hak asasi manusia Hong Kong, yang dianggap mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok.

    Tindakan Kongres AS menimbulkan kekhawatiran akan memanasnya kembali hubungan AS-Tiongkok yang mempersulit damai perang dagang.

    Selain itu, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) juga telah menurunkan proyeksi pertumbuhan global menjadi di bawah tiga persen (yoy) di 2020.

    Diperkirakan, pertumbuhan di 2020 justru menjadi yang terlemah sejak krisis finansial global pada 2008-2009. OECD memperkirakan pertumbuhan global 2020 tertahan dari segi perdagangan dan investasi.

    Pertumbuhan ekonomi AS dan Tiongkok akan melambat masing-masing dua persen (yoy) dan 5,5 persen (yoy) pada 2021.

    Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.080 per USD hingga Rp14.140 per USD. Pada pukul 10.08 WIB, rupiah masih melemah satu poin atau 0,01 persen menjadi Rp14.095 per USD dari sebelumnya Rp14.092 per USD.

    Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin ini menunjukkan rupiah menguat menjadi Rp14.093 per USD dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.092 per USD.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id