Pasar Modal dan Perbankan Harus Berkompetisi

    Annisa ayu artanti - 23 Agustus 2019 13:09 WIB
    Pasar Modal dan Perbankan Harus Berkompetisi
    Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pasar modal dan perbankan berkompetisi dalam menyediakan pendanaan murah.

    Darmin mengatakan pasar modal dan perbankan memang memiliki tren berbeda dalam hal penyaluran pembiayaan. Namun keduanya dituntut untuk bisa memberikan pelayanan pendanaan jangka panjang dan jangka pendek dengan biaya yang terjangkau agar tingkat pengembalian (return) investasi yang diberikan menjadi lebih murah.

    "Walaupun perbankan dan pasar modal sama di dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan), tidak usah sungkan-sungkan silakan bersaing mana yang lebih murah," kata Darmin dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019, di JCC, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Mengenai imbauan ini, Darmin meminta supaya Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana dan Dewan Komisioner Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen tidak keberatan.

    Menurutnya perbankan harus bisa memberikan tingkat bunga pinjaman dan deposito lebih rendah karena risiko perbankan dinilai lebih rendah. Sementara pasar modal diminta untuk terus memberikan inovasi alternatif pendanaan.

    "Kita mengharapkan ada persaingan juga antara bank dan pasar modal walau sama-sama punya kita, untuk berlomba menurunkan biaya untuk return. Kemarin saja Bank Indonesia sudah menurunkan lagi suku bunga policy rate," jelas dia.

    Ditemui di tempat yang sama, Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan bursa akan melakukan pendalaman pasar terkait kompetisi dengan perbankan. BEI akan meningkatkan demand dan infrastruktur pasar modal.

    "Kita punya inisiatif salah satunya pendalaman pasar. Bagaimana kita menaikan demand dan infrastruktur kita kuatkan. Salah satu yang kita lakukan skema untuk memepertemukan investor dan emiten," kata Inarno.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id