Tarif Turun, Cek Gerak Saham Maskapai Penerbangan

    Annisa ayu artanti - 14 Januari 2019 17:07 WIB
    Tarif Turun, Cek Gerak Saham Maskapai Penerbangan
    Illustrasi. Dok;AFP.
    Jakarta: Analis menilai penurunan tarif pesawat terbang dometik yang diputuskan oleh Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) tidak menyusutkan kinerja saham emiten penerbangan.

    Analis Panin Sekuritas William Hartanto menjelaskan pergerakan saham emiten-emiten penerbangan masih normal, seperti PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Meski saham maskapai pelat merah itu terkoreksi, ia menilai koreksi tersebut masih wajar.

    "GIAA terkoreksi sehat hari ini setelah naik pesat sepekan lalu," ujar William kepada Medcom.id, Senin, 14 Januari 2019.

    Ia menjelaskan dampak positif dari keputusan INACA ini adalah potensi kenaikan jumlah penumpang maskapai. Namun untuk kinerja keuangan emiten, ia mengungkapkan tidak akan berdampak signifikan.

    "Penurunan harga tiket akan membuat jumlah penumpang bertambah, namun penjualan tiket juga menurun sehingga kinerja keuangan bisa jadi tidak berubah drastis," jelas dia.

    Pergerakan saham GIAA pada hari ini terpantau mengalami koreksi sebesar 10 poin dengan berada pada posisi Rp312. Sementara saham PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) jelang penutupan anjlok enam poin dengan berada pada level Rp248. 

    Kinerja kedua emiten itu sampai dengan kuartal III-2018 masih belum berhasil mencapai laba bersih. GIAA tercatat mencatatkan rugi bersih sebesar USD110 juta atau membaik ketimbang rugi tahun sebelumnya sebesar Rp221 miliar. Sedangkan CMPP masih mencatat kerugian sebesar Rp635 miliar atau semakin tinggi ketimbang tahun lalu periode yang sama mencapai Rp440 miliar. 

    INACA mengumumkan penurunan tarif pesawat terbang secara nasional. Penurunan dilakukan setelah INACA beserta sejumlah perusahaan penerbangan bertemu dengan Kementerian Perhubungan.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id