Indeks Acuan Saham Indonesia Diramal Tertekan

    Angga Bratadharma - 14 Juni 2019 08:31 WIB
    Indeks Acuan Saham Indonesia Diramal Tertekan
    Ilustrasi (MI/RAMDANI)
    Jakarta: Dari bursa global, bursa Amerika Serikat (AS) pada perdagangan semalam ditutup menguat dengan S&P 500 naik 0,41 persen, Dow menguat 0,39 persen, dan Nasdaq menguat 0,57 persen. Survei yang dilakukan oleh Wall Street Journal menunjukkan lebih dari 75 persen ekonom berekspektasi the Fed akan menurunkan suku bunga acuan.

    Hanya dua dari 46 ekonom yang memproyeksi penurunan akan dimulai pada Juni ini, dan 18 orang di antaranya memperkirakan Juli dan sisanya September. Hal ini juga didukung dari sisi ketenagakerjaan, angka pengangguran di AS tercatat meningkat 222 ribu dalam pekan yang berakhir pada 9 Juni 2019.

    "Angka tersebut di atas estimasi ekonom (Bloomberg surveyed) yang mencapai 215 ribu, memberikan sinyal terus melemahnya bursa ketenagakerjaan AS," kata Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019.

    Di sisi lain, Amerika Serikat menuduh Iran atas serangan dua kapal tanker di Gulf of Oman kemarin, dengan alasan untuk mengacaukan jalur perdagangan minyak. Hal ini membuat harga minyak naik cukup tajam, di mana minyak mentah Brent meningkat 2,32 persen dan West Texas Intermediate meningkat 1,86 persen.

    "Meskipun semakin menguatnya sentimen positif dari ekspektasi kebijakan moneter the Fed, kami memperkirakan IHSG berpotensi melemah hari ini seiring dengan rilisnya data cadangan devisa yang turun 3,2 persen MoM ke level USD120,35 miliar," sebut Samuel Research Team.

    Hal ini dikarenakan penurunan diperkirakan berhubungan dengan dugaan masih melemahnya data neraca perdagangan Indonesia di Mei yang akan dirilis Senin depan. Kemarin, investor asing mencatatkan keseluruhan penjualan bersih sebesar Rp69,5 miliar.

    "Sementara rupiah melemah ke level Rp14.280 per USD," pungkas Samuel Research Team.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id