Sentimen Perang Dagang Memudar, IHSG Malah Merosot

    Arif Wicaksono - 18 November 2019 17:01 WIB
    Sentimen Perang Dagang Memudar, IHSG Malah Merosot
    Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun pada penutupan perdagangan hari ini. Optimisme perang dagang tak berhasil mengerek laju indeks. Indeks terseret sentimen kinerja emiten yang masih kurang memuaskan pada kuartal III-2019. Sementara itu, gerak mata uang rupiah juga melemah pada penutupan perdagangan hari ini.

    IHSG minus 5,72 poin menjadi 6.122 pada perdagangan Senin, 18 November 2019. Volume perdagangan sebesar 4,9 miliar lembar saham dengan transaksi sebesar Rp4,4 triliun. Sebanyak 264 saham turun dan 168 saham tak bergerak. Sektor perkebunan, keuangan, dan pertambangan paling menguat pada hari ini.

    Pada perdagangan akhir pekan kemarin IHSG ditutup menguat sebesar 0,48 persen ke level 6.128,35. Lima dari sepuluh indeks sektoral berakhir dalam zona hijau. Sektor pertambangan dan industri dasar memimpin penguatan masing-masing sebesar 1,81 persen dan 1,66 persen.

    Sementara itu, pada perdagangan Jumat pekan lalu bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau. Indeks Dow Jones berhasil menguat 0,80 persen, disusul S&P 500 dan Nasdaq yang naik sebesar 0,77 persen dan 0,73 persen. Kenaikan tersebut didorong oleh penguatan pada harga saham sektor kesehatan.

    Optimisme pasar terhadap perang dagang kembali meningkat pada akhir pekan kemarin, setelah adanya pernyataan dari penasihat gedung putih Larry Kudlow pada Kamis malam bahwa kesepakatan AS-Tiongkok semakin dekat.

    Bloomberg melansir mata uang rupiah melemah dua poin menjadi Rp14.078 per USD. Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah melemah delapan poin ke posisi Rp14.076 per USD. Bank Indonesia merekam mata uang rupiah melemah ke Rp14.075 per USD. 



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id