Sepanjang 2016, HM Sampoerna Sudah Naikkan Harga Rokok di Atas Industri

    Dian Ihsan Siregar - 18 November 2016 15:20 WIB
    Sepanjang 2016, HM Sampoerna Sudah Naikkan Harga Rokok di Atas Industri
    Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)
    medcom.id, Jakarta: Pemerintah sudah menaikkan tarif cukai rata-rata terimbang di tahun ini sebesar 15 persen. Hal itu tentu memberikan dampak yang besar bagi industri rokok seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

    HM Sampoerna setidaknya telah menaikkan harga rokok di atas industri pada tahun ini. Harga produk rokok di pasar tercatat di kuartal III-2016, rata-rata mengalami kenaikan 10,3 persen.

    Mantan Presiden Direktur HMSP Paul Janelle mengaku kenaikan cukai rokok memang cukup memberikan pengaruh yang besar bagi harga rokok di tahun ini. Kenaikan harga rokok Sampoerna berada di kisaran 11 persen.

    "Kalau HM Sampoena memang sedikit diatas industri. Approximately 11 persen," ucap Paul, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

    Walaupun terjadi kenaikan cukai rokok di tahun ini, Paul memberikan apresiasi yang besar bagi pemerintah yang menaikkan cukai rokok di 2017 lebih rendah bila dibanding pada 2016. Sebagaimana diketahui, pemerintah memutuskan untuk menaikkan cukai rokok sebesar 10,54 persen di tahun ini.

    "Saya senang, pemerintah kita mendengar tentang kondisi industri tahun ini yang sedang susah. Dan mereka mendengar kondisi ibu-ibu buruh printing di segmen sigaret kretek tangan (SKT)," jelas Paul yang saat ini menjabat sebagai Senior Manajer Philip Morris International Inc. (PMI).

    Meski sudah ada besaran kenaikan cukai di 2017, lanjut Paul, dia tidak bisa memperkirakan kenaikan harga rokok HM Sampoerna di tahun depan. "Saya tidak bisa jawab itu. Kita tidak bisa bicara itu, karena ada larangnya untuk mengatakan," tutup Paul.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id