Menko Darmin Minta Pasar Modal Lebih Merakyat

    Annisa ayu artanti - 23 Agustus 2019 11:18 WIB
    Menko Darmin Minta Pasar Modal Lebih Merakyat
    Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pasar modal lebih merakyat dan tidak spesial hanya untuk golongan tertentu.

    Hal itu disampaikan Darmin di depan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019.

    "Yang memasuki pasar modal bukan hanya mereka yang berumah di atas awan. Mereka yang tinggal dan berpijak di bumi pun harus bisa masuk pasar modal," kata Darmin di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Darmin meminta agar perusahaan-perusahaan yang ingin bergabung di pasar modal atau go public tidak dipersulit. Ia berharap yang masuk ke pasar modal tidak hanya perusahaan skala besar, tetapi juga UMKM. Kemudahan aksi go public itu bisa tercapai melalui integrasi sistem penyampaian dokumen penawaran umum yang ditujukan kepada OJK dan BEI.

    "Saat ini sedang dikaji relaksasi perubahan (peraturan) pencataan untuk perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah," ucap Darmin.

    Sementara dari segi investor, Darmin juga meminta supaya pembukaan rekening efek lebih dipermudah dan literasi investasi di pasar modal lebih dimassifkan. Ia juga mengapresiasi pembukaan rekening efek saat ini sudah lebih cepat dari zaman dulu yaitu 30 menit.

    "Dalam hal ini perlu untuk mengakselerasi pembukaan rekening efek yang lebih cepat. Itu untuk meningkatkan basis investor, simplifikasi pembukaan," sebut Darmin.

    Dengan demikian, menurutnya keberadaan pasar modal benar-benar berfungsi sebagai allternatif pembiayaan selain perbankan.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id