Menkeu Minta Pasar Modal Indonesia Terus Berinovasi

    Ilham wibowo - 23 Agustus 2019 16:06 WIB
    Menkeu Minta Pasar Modal Indonesia Terus Berinovasi
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta instrumen pasar modal Indonesia terus dikembangkan dengan strategi penguatan inovasi. Kehadiran investor domestik yang besar menandakan ketahanan ekonomi yang kuat.

    "Industri pasar modal tentunya saya berharap mampu melakukan inovasi dan kreativitas di dalam menciptakan instrumen pembiayaan," kata Sri dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Ani, sapaan akrab Sri, menuturkan edukasi manfaat pasar modal perlu terus digaungkan kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah juga terus mendorong peningkatan investasi dengan beragam kebijkan fiskal seperti insentif pajak bagi pelaku usaha.

    "Sehingga Indonesia makin berkembang dan meningkatkan investor domestik yang bisa menjaga ketahanan ekonomi Indonesia," tuturnya.

    Variasi yang dilakukan Kemenkeu dalam meningkatkan penenerimaan negara juga diminta dilakukan untuk industri pasar modal. Dengan demikian, calon investor bisa memilih investasi yang sesuai dengan minatnya dalam meraih keuntungan.

    "Saya harap pasar modal bisa create instrumen lain dan edukasi, ini penting bagi masyarakat yang mau investasi. Saya harap OJK dan pemerintah bisa tingkatkan minat masyarakat untuk ikut partisipasi membangun dengan buka berbagai instrumen," ujar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

    Ani menambahkan, pasar modal juga perlu memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam mengolah data dan informasi masyarakat. Kemudian, kata dia, diperlukan pula talenta yang kompeten dan bertanggung jawab dalam mengelola data tersebut.

    "Aspek penegakan hukum yang baik dan konsisten itu penting karena sektor keuangan dan pasar modal adalah yang berorientasi pada kepercayaan, kredibilitas, dan confidence dari semua pelaku pasar modal," kata Ani.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id