Indika Energy Kucuri Pinjaman ke Anak Usaha USD65 Juta

    Ade Hapsari Lestarini - 04 Maret 2015 09:36 WIB
    Indika Energy Kucuri Pinjaman ke Anak Usaha USD65 Juta
    Ilustrasi tambang batu bara -- ANTARAFOTO: PUSPA



    medcom.id, Jakarta: PT Indika Energy Tbk (INDY) telah menandatangani amandemen perjanjian pinjaman dengan Indika Capital Investment Pte. Ltd (ICI). Perseroan memberikan pinjaman kepada ICI sebesar USD65 juta.

    Disampaikan Sekretaris Perusahaan INDY, Dian Paramita, dana yang diperoleh dari transaksi ini akan dipergunakan untuk menunjang kebutuhan ICI dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang perdagangan batu bara.






    "Perseroan menyetujui untuk memberikan pinjaman tambahan short-term hingga sebesar USD65 juta kepada ICI, di mana penarikan pinjaman tersebut akan dilakukan melalui beberapa tahapan," jelas dia, dalam laporannya di keterbukaan informasi BEI, Rabu (4/3/2015).

    Menurut Dian, perjanjian tersebut sesuai dengan asas komersial, arm's length, dengan nilai pasar wajar dan tidak lebih buruk dari syarat dan kondisi untuk transaksi yang hampir serupa yang terdapat di pasar.

    "Perseroan menyetujui pemberian pinjaman tambahan kepada ICI untuk melaksanakan kegiatan usahanya di bidang perdagangan batu bara dengan pertimbangan ICI memiliki kemampuan dalam hal aktivitas pemasaran hasil tambang batu bara dan kekuatan jaringan antara perusahaan tambang dan konsumen," bebernya.

    Menurut Dian, sumber dana pinjaman tambahan yang disediakan oleh perseroan kepada ICI berasal dari penarikan fasilitas perbankan perseroan.

    Sekadar informasi, ICI adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Singapura dan berkedudukan di Singapura, serta merupakan perusahaan terkendali perseroan. ICI 100 persen sahamnya dimiliki oleh perseroan melalui perusahaan perseroan PT Indika Indonesia Resources (IIR).

    Sementara IIR merupakan perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia, yang merupakan perusahaan terkendali perseroan. Di mana 90 persen saham dalam IIR dimiliki secara langsung oleh perseroan dan 10 persen saham IIR dimiliki secara tidak langsung oleh perseroan melalui PT Indika Inti Corpindo (IIC).

    Sementara IIC adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia yang merupakan perusahaan terkendali perseroan. Di mana 99,9 persen di dalam IIC dimiliki oleh perseroan.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id