Punya Sertifikat Tanah? Saatnya Masuk ke Sektor Keuangan

    Annisa ayu artanti - 23 Agustus 2019 16:15 WIB
    Punya Sertifikat Tanah? Saatnya Masuk ke Sektor Keuangan
    Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
    Jakarta: Kepemilikan sertifikat tanah bisa dijadikan permulaan masyarakat untuk dapat masuk ke sektor keuangan. Sertifikat bisa dijadikan agunan oleh masyarakat untuk meminjam pendanaan perbankan.

    "Jika aset khususnya tanah sudah disertifikasi, maka dia punya modal untuk masuk ke sektor keuangan formal untuk dijadikan agunan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat menghadiri Capital Market Summit & Expo 2019, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Darmin menyampaikan setiap tahun pemerintah selalu menaikan target pemberian sertifikasi tanah gratis. Pada 2018 lalu pemerintah menerbitkan lima juta sertifikat, 2019 akan dibagikan sekitar tujuh juta sertifikat dan tahun depan diprediksi menjadi sembilan juta sertifikat lahan.

    "Dalam beberapa tahun ke depan seluruh tanah di Indonesia akan tersertifikasi," sebut Darmin.

    Menurutnya, jika semua tanah sudah tersertifikasi maka upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat masuk ke sektor keuangan akan lebih mudah.

    "Itulah inklusi keuangan yang sesungguhnya," ucap dia.

    Di sisi lain, kata Darmin, dalam upaya mempermudah masyarakat masuk ke dalam sektor keuangan ia pernah memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo untuk melonggarkan persyaratan pemberian pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jaminan sertifikat tanah.

    Ia mengusulkan supaya plafon pinjaman untuk KUR dinaikan. Persyaratan agunan juga diwajibkan untuk pinjaman Rp15 juta sampai Rp100 juta. Sementara di bawah Rp15 juta tanpa agunan.

    "Saya kemarin bisik-bisik pada presiden untuk apa sertifikasi tanah besar-besaran kalau kemudian tingkatkan akses sektor keuangan, caranya adalah ya memang Rp15 juta itu tidak wajib agunan, nah nanti kita tambahan kalau lebih Rp15 juta sampai dengan berapa mungkin Rp70 juta, Rp100 juta bisa asal ada penjaminan," tutur dia.

    Dengan adanya kemudahan-kemudahan seperti itu, menurutnya akan lebih mendorong minat masyarakat untuk masuk ke sektor keuangan.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id