Gerak IHSG Diprediksi Melempem

    Annisa ayu artanti - 14 Februari 2020 08:21 WIB
    Gerak IHSG Diprediksi Melempem
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini, meskipun masih ada potensi rebound.

    Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi dalam riset hariannya, Jumat, 14 Februari 2020 menyatakan wabah virus korona masih menjadi sentimen tersendiri bagi pelaku pasar. Jumlah kasus virus korona yang melonjak menjadi alasan investor melakukan aksi profit taking dan menurunkan spekulasi optimistis pada pertumbuhan ekonomi global.

    Kekhawatiran permintaan impor pulp dari Tiongkok terhambat akibat virus korona yang berkesinambungan terhadap faktor distribusi. Akibatnya, aksi rush money dari dalam negeri pun masih cukup deras setelah salah satu institusi lagi dikabarkan gagal bayar akibat penurunan aset ekuitasnya yang signifikan.

    "Hal tersebut menyeret kepercayaan investor menjadi lebih rendah pada ekuitas di Indonesia," katanya.

    Selain itu, gejolak ekonomi global juga mulai terdampak pada harga minyak yang turun karena Badan Energi Internasional mengatakan virus korona memicu permintaan global akan turun kuartal ini untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade.

    Walhasil hari ini, laju IHSG diprediksi cenderung akan kembali melemah apabila break out level support hingga 5.795.

    "Sehingga peluang teknikal rebound menipis dengan potensi lanjutkan pelemahan pada support resistance 5.840-5.930," ucapnya.

    Adapun saham-saham yang masih cukup menarik secara teknikal di antaranya yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Astra International Tbk (ASII), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id