Dua Indeks Utama AS Kembali Sentuh Rekor Tertinggi Baru

    Ade Hapsari Lestarini - 12 Februari 2020 07:10 WIB
    Dua Indeks Utama AS Kembali Sentuh Rekor Tertinggi Baru
    Ilustrasi. Foto: AFP.
    Washington: Indeks S&P 500 dan Nasdaq Composite naik tipis pada perdagangan Selasa waktu setempat. Wall Street menambah rekor penutupan tertinggi baru karena investor mencerna kesaksian dari pejabat bank sentral AS dan menilai dampak ekonomi potensial dari virus korona.

    Melansir CNBC International, Rabu, 12 Februari 2020, indeks Nasdaq ditutup 0,2 persen lebih tinggi pada 3,357.75. Nasdaq naik 0,1 persen menjadi 9.638,94. Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 138 poin sebelum ditutup datar di 29.276,34. Tiga rata-rata indeks utama mencapai rekor intraday pada hari sebelumnya.

    Ketua Federal Reserve Jerome Powell bersaksi di depan House Financial Services Committee bahwa bank sentral memantau dengan cermat situasi virus korona yang potensi menyerang Tiongkok dan ekonomi global.

    Powell mencatat terlalu dini untuk mengatakan bagaimana virus korona pada akhirnya akan berdampak pada ekonomi AS.

    "Virus korona jelas menghadirkan risiko bagi ekonomi global. Ekonomi Tiongkok empat kali lebih besar dari itu selama wabah SARS, dan Tiongkok telah menempatkan dirinya sebagai mata rantai paling penting dalam rantai pasokan global," kata kata Danielle DiMartino Booth, CEO Quill Intelligence.

    Investor telah bergulat dengan kekhawatiran bahwa virus korona akan menggigit pertumbuhan ekonomi global.

    Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok sebelumnya mengatakan jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 1.016 orang dengan 42.638 kasus dikonfirmasi.

    Namun, data dari Universitas Johns Hopkins menunjukkan jumlah kasus baru yang dikonfirmasi adalah yang terendah sejak akhir Januari, meningkatkan optimisme di sekitar upaya negara untuk menahan wabah tersebut.

    Kekhawatiran atas kejatuhan ekonomi akibat dari wabah ini juga telah diimbangi oleh indikator ekonomi positif. Data pekerjaan yang dirilis minggu lalu dengan mudah mengalahkan ekspektasi analis sementara aktivitas manufaktur. Layanan AS pun menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

    Baik S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup ke level tertinggi baru pada perdagangan Senin, sementara Dow Jones melonjak lebih dari 170 poin.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id