Karyawan WIKA Menimba Ilmu di Sembilan Negara

    Nia Deviyana - 21 Maret 2019 17:12 WIB
    Karyawan WIKA Menimba Ilmu di Sembilan Negara
    Illustrasi. Dok: Medcom.
    Jakarta: PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA mencatatkan ekspansinya ke sembilan negara pada 2018-2019 untuk memperluas transfer teknologi tenaga kerja Indonesia. Sembilan negara itu adalah Timor Leste, Malaysia, Filipina, Myanmar, Taiwan, Niger, Nigeria, Senegal, Aljazair, Uni Emirat Arab, dan Dubai.

    "Tidak kurang dari 3.570 tenaga kerja diproyeksikan mengisi berbagai proyek di negara-negara itu dalam kurun 2018-2019," ujar Direktur Utama WIKA Tumiyana lewat siaran pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 21 Maret 2019.

    Aljazair merupakan negara yang paling banyak menyerap tenaga kerja, yakni 1.800 orang, yang akan berkiprah dalam pembangunan 5.000 social housing di empat kota, Harrach, Barakhi, Ain de Fla, dan Khemis Miliana.  Kemudian di Nigeria proyek Presidential Palace menyerap tenaga kerja sebanyak 120 orang. Ditambah 150 orang untuk proyek konstruksi smelter timah di Nigeria. 

    Selanjutnya, proyek Mixed Used Building, The Goree, Senegal menyerap 500 tenaga kerja. Untuk Timur Tengah, sejak tahun lalu 100 pekerja Indonesia berkontribusi membangun Villa Bateen Al Samar di Dubai, Uni Emirat Arab. 

    Bergeser ke Asia Timur, WIKA berekspansi membangun Kinmen Bridge dan Dajiang Bridge di Taiwan dengan nilai kontrak masing-masing USD7 juta dan USD21 juta. Total  tenaga kerja pada kedua proyek jembatan bertipe cable stayed tersebut adalah 100 orang.

    Asia Tenggara, lanjut Tumiyana, menjadi wilayah yang tak kalah potensial. Timor Leste menyerap tenaga kerja Indonesia terbesar dengan total 600 orang pada 2018. Mereka tersebar pada proyek-proyek seperti Manatutu Road, Comoro Bridge, Soilbada Bridge, Oecusse International Airport, dan Road Rehabilitation of Natarbora.

    Negara Jiran lainnya yang menjadi tujuan kiprah profesional tenaga kerja Indonesia adalah Malaysia, yakni 150 orang untuk Limbang Bridge Cable Stayed, Sarawak. Lalu Filipina untuk Proyek Reconstruction of Clarin Bridge, sebanyak 25 orang, dan Myanmar sebanyak 25 duta bangsa, lima orang untuk Proyek Maubin Pyapon Road Rehabilitation.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id