IHSG Pagi Dibuka Tumbang

    Angga Bratadharma - 27 Januari 2020 09:10 WIB
    IHSG Pagi Dibuka Tumbang
    Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin pagi terpantau dibuka melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di akhir pekan lalu. IHSG terjebak di zona merah di tengah maraknya pemberitaan virus korona yang berasal dari Tiongkok, yang memberikan katalis negatif terhadap sikap investor.

    IHSG Senin, 27 Januari 2020, dibuka tertekan sebanyak 3,29 poin atau setara 0,1 persen ke posisi 6.240. Sedangkan indeks LQ45 terlihat melemah sebanyak 0,85 poin atau setara 0,1 peersen ke posisi 1.024 dan JII tertekan sebanyak 1,01 poin atau setara 0,1 persen ke posisi 685.

    Pagi ini seluruh indeks didominasi di jalur merah. Sektor pertambangan tertekan sebanyak 6,02 poin, sektor konsumer melemah sebanyak 5,10 poin, sektor manufaktur turun sebanyak 2,82 poin, dan sektor infrastruktur melemah 0,46 poin. Sedangkan sektor keuangan menanjak sebanyak 1,48 poin.

    Sementara itu, volume perdagangan pagi tercatat sebanyak 264 juta lembar saham senilai Rp198 miliar. Sebanyak 78 saham terpantau menguat, sebanyak 114 saham terlihat melemah, sebanyak 120 saham tidak berubah, dan sebanyak 470 saham tidak mengalami perdagangan.

    Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memperkirakan pada perdagangan awal pekan ini pergerakan IHSG tertahan. Tertahannya gerak indeks tersebut dikarenakan investor terus mempertimbangkan pembatasan pergerakan Tiongkok untuk mencegah penyebaran virus korona.

    Lanjar Nafi menjelaskan pembatasan pergerakan itu akan mengancam pertumbuhan ekonomi di sana dan aktivitas ekspor impor jika terjadi dalam kurun waktu yang lama. Tentu diharapkan virus tersebut bisa segera dihentikan penyebarannya.

    "Kami memperkirakan IHSG bergerak cenderung kembali tertahan dengan support resistance 6.200-6.278," kata Lanjar.

    Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper memproyeksikan IHSG bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Minimnya sentimen positif menjadi penyebab indeks tertahan. Ia mengatakan hari ini indeks akan bergerak dan diperdagangkan di level support 6.222-6.233 dan resistance 6.257-6.270

    "Volume perdagangan kembali melemah mengindikasikan masih ada potensi pelemahan dalam jangka pendek. Namun pelemahan diperkirakan akan terbatas," pungkas dia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id