Gerak IHSG Dibatasi Konflik AS-Iran

    Annisa ayu artanti - 07 Januari 2020 08:30 WIB
    Gerak IHSG Dibatasi Konflik AS-Iran
    Ilustrasi. MI/ADAM DWI
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih melanjutkan pelemahan dari perdagangan kemarin. Adapun pelemahan gerak indeks disebabkan oleh perhatian investor yang masih akan tertuju pada perkembangan geopolitik di Timur Tengah.

    Anallis Artha Sekuritas Indonesia Nugroho Fitriyanto mengatakan Iran mundur dari kesepakatan uranium dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam memberikan sanksi yang berat kepada Irak jika memaksa Amerika Serikat menarik pasukannya dari negara tersebut.

    "IHSG diprediksi melemah," kata Nugorho, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.

    Dirinya menyebutkan, indeks hari ini akan bergerak di level support 6.223-6.240 dan resistance 6.287-6.317. Ia menambahkan aksi jual investor masih akan terjadi di tengah kondisi geopolitik yang terus memanas antara Amerika Serikat dan Iran.

    Sementara itu, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya optimistis IHSG hari ini akan menguat. Dia melihat pergerakan IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. "Momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka menengah hingga jangka panjang," jelas Wiliiam.

    Menurutnya, rilis data perekonomian hari ini yang akan dilansir tentang cadangan devisa serta keyakinan konsumen akan memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG. "Hari ini IHSG berpotensi menguat dan diperdagangkan di level 6.198-6.402," sebut William.

    Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood CBP SUkses Makmur Tbk (ICBP), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id