Pembebasan Lahan Kereta Cepat, WIKA Harap Akhir Tahun Tuntas

    Gervin Nathaniel Purba - 21 Desember 2016 18:45 WIB
    Pembebasan Lahan Kereta Cepat, WIKA Harap Akhir Tahun Tuntas
    Kereta Cepat. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak).
    medcom.id, Jakarta: PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) telah ditunjuk secara resmi sebagai perusahaan konsorsium kontraktor pembangunan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Pelaksanaan proyek tersebut dijadwalkan dilaksanakan dalam waktu 36 bulan terhitung sejak perjanjian kontrak ditandatangani.

    Direktur Utama (Dirut) Wika Bintang Perbowo mengatakan saat ini pihaknya masih tengah fokus dalam pembebasan lahan, sebab masih ada sebagian kecil lahan di Halim belum terbebaskan. Menurutnya, hingga saat ini, presentase pembebasan lahan sudah mencapai 85 persen dan berharap akan selesai pada akhir tahun.

    "Pembebasan lahan sudah 85 persen, masih ada 15 persen lagi," ujar Bintang saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2016).

    Sedangkan untuk langkah-langkah lainnya dalam pembangunan proyek, Bintang belum memberikan penjelasan. Ia hanya mengatakan sebagian besar proyek yang dikerjakan pada tahun depan sudah mulai masuk tahun ini.

    Baca: WIKA Mulai Bangun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

    Sekadar informasi, penunjukkan Wika sebagai high speed railway contactor consortium (HSRCC) dalam proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sesuai dengan Surat Penunjukkan No. 0037/CA-4/KCIC/8.12.16 pada 15 Desember. Tercatat Wika memiliki porsi sebesar 30 persen dari total nilai kontrak sebesar USD4,3 miliar.

    Pekerjaan yang dilakukan perseroan dalam proyek ini mencakup soil investigation (boring work), road diversion, drainage, subgrade, bridge piling, pile cap, pier, box girder, slab, sleeper, stations, building, dan lain-lain.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id