Banjir Komplain, IPO Nara Hotel Ditunda

    Annisa ayu artanti - 07 Februari 2020 12:14 WIB
    Banjir Komplain, IPO Nara Hotel Ditunda
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkap alasan penundaan aksi pencatatan perdana (Initial Public Offering/IPO) PT Nara Hotel Internasional Tbk. Seharusnya, aksi IPO Nara Hotel dilakukan Jumat, 7 Februari 2020.

    Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan bursa bukan membatalkan IPO Nara Hotel, melainkan menundanya karena banyaknya komplain dari para nasabah.

    "NARA itu penundaan (IPO). Bukan pembatalan. Ada yang komplain dari para nasabah yang mungkin kita musti hati-hati melihatnya," kata Inarno di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 7 Februari 2020.

    Inarno menyebutkan ada indikasi penjatahan saham terpusat atau pooling yang membuat pihak bursa dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat keputusan tersebut.

    "Yang saya tahu adalah nasabah yang pooling," ujarnya.

    OJK melalui Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Fakhri Hilmi sudah menyampaikan surat penundaan IPO Hotel Nara kepada PT Magenta Kapital Sekuritas Indonesia sebagai penjamin efek pada Kamis, 6 Februari 2020.

    Dalam surat bernomor S-3/PM.2/2020 OJK meminta agar sekuritas tidak melakukan distribusi saham Hotel Nara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

    "Menunjuk pernyataan pendaftaran PT Nara Hotel Internasional Tbk (perseroan) melalui Surat Nomor 103/DS/NHI-OJK/19 tanggal 11 Oktober 2019 perihal surat pengantar untuk pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum saham perdana oleh emiten skala menengah PT Nara Hotel Internasional Tbk, serta adanya pengaduan terkait pemesanan dan penjatahan saham perseroan, Saudara agar tidak melakukan distribusi saham tersebut hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis Fakhri Hilmi.

    Tak lama berselang, pihak BEI pun juga memberi pengumuman bahwa IPO Nara Hotel ditunda. Penundaan pencatatan saham tersebut tertuang dalam surat No.: Peng-00001/BEI.PP2/02-2020 tertanggal 6 Februari 2020.

    "Bursa menunda pencatatan efek PT Nara Hotel Internasional Tbk (NARA) hingga pengumuman lebih lanjut," tulis surat yang ditandatangani oleh Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna.

    PT Nara Hotel Internasional Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi pariwisata, hotel, restoran, dan taman rekreasi dan wisata.

    Nara Hotel akan melepas Dua miliar saham atau setara 20 persen saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun harga pelaksanaan IPO Rp101 per saham. Perseroan mengincar dana Rp202 miliar dari aksi ini.




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id