IHSG Masih Berpeluang Menguat

    Ade Hapsari Lestarini - 22 Juli 2019 09:37 WIB
    IHSG Masih Berpeluang Menguat
    Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini berpeluang menguat. Menyusul optimisme pasar secara global yang menyambut kembalinya era suku bunga rendah.

    "Di sisi lain, pemangkasan suku bunga Bank Indonesia (BI) meningkatkan kepercayaan investor domestik," tutur tim analis Samuel Sekuritas dalam hasil risetnya, Senin, 22 Juli 2019.

    Adapun pergerakan IHSG pada pembukaan perdagangan pagi ini juga melemah. Mengutip laman RTI, gerak IHSG terpantau turun 6,32 poin atau setara 0,098 persen ke posisi 6.450.

    IHSG sempat menyentuh level tertinggi di posisi 6.468 dan level terendah di 6.445. Sementara itu volume perdagangan saham tercatat sebanyak 4,3 miliar lembar senilai Rp1,06 triliun. Sebanyak 135 saham menguat, 138 saham melemah, 150 saham stagnan, dan terjadi 81.418 kali transaksi.

    Sebelumnya bursa Amerika Serikat (AS) mengakhiri perdagangan akhir pekan lalu di zona merah. Indeks Dow Jones terpantau turun -0,3 persen, S&P 500 turun -0,6 persen, dan Nasdaq turun -0,7 persen.

    Para investor masih tertuju pada rilis kinerja beberapa emiten yang labanya di bawah estimasi. Di sisi lain, pernyataan Gubernur Fed New York, John Williams yang semakin menaikkan kemungkinan penurunan suku bunga Fed di bulan ini menjadi katalis positif.

    "Pasar sepenuhnya meyakini pemangkasan minimal -25 basis poin (bps) suku bunga acuan the Fed pada meeting pekan depan," tambah hasil riset tersebut.

    Sedangkan dari komoditas, harga minyak Brent menguat ke level USD63,1 per barel. Ketegangan antara Iran dan AS kembali menjadi pemicu kenaikan harga minyak global, di tengah ekspektasi pelemahan permintaan minyak dunia seiring perlembatan ekonomi global.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id