Pembukaan Awal Pekan, Rupiah Melemah Tipis

    Arif Wicaksono - 16 Desember 2019 10:08 WIB
    Pembukaan Awal Pekan, Rupiah Melemah Tipis
    Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Pada pembukaan perdagangan awal pekan ini mata uang rupiah melemah tipis. Meskipun melemah, mata uang rupiah tetap berada di level Rp13.995 per USD.

    Bloomberg Senin, 16 Desember 2019 melansir mata uang rupiah ke posisi Rp13.995 per USD atau melemah lima poin. Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah melemah 15 poin menjadi Rp13.995 per USD.

    Gerak mata uang rupiah berbeda dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik pada pembukaan perdagangan hari ini. Pada awal pekan ini IHSG mendapatkan sentimen positif dari global. Kenaikan IHSG dipimpin oleh sektor pertambangan.
     
    IHSG naik 24 poin menjadi 6.221 pada pembukaan perdagangan Senin, 16 Desember 2019. Volume perdagangan sebesar 532 ribu dengan nilai Rp493 miliar. Sebanyak 164 saham naik dan 85 saham turun. Indeks acuan JII naik 3,27 poin dan LQ45 naik 4,32 poin.
     
    Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan pergerakan positif indeks tersebut dikarenakan sentimen positif dari perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Kedua negara ekonomi terbesar itu akan menyepakati kesepakatan perdagangan parsial.
     
    "Perjanjian perdagangan fase satu Amerika Serikat dan Tiongkok diperkirakan akan diumumkan Jumat waktu Washington," kata Lanjar dalam riset hariannya, Senin, 16 Desember 2019.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id