BEI: Investor Punya Pilihan dengan Perdagangan RI di ETP

    Eko Nordiansyah - 06 April 2017 14:34 WIB
    BEI: Investor Punya Pilihan dengan Perdagangan RI di ETP
    Ilustrasi BEI (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)
    medcom.id, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut adanya keuntungan dari penjualan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) secara online yang akan dilakukan secara terbuka. Bahkan, skema Electronic Trading Platform (ETP) akan semakin mempermudah masyarakat dalam perdagangan surat berharga negara.

    Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, penjualan ORI melalui pasar modal membuat produk yang dipilih oleh investor menjadi semakin beragam. Ini tentunya diharapkan kian menarik minat para pemiliki modal untuk menyalurkan uangnya di pasar modal.

    "Investor punya pilihan, fix income juga buat pilihan selain saham. Orang kan biasanya suka kombinasi, sekian persen di saham, sekian persen di fix income, yang panting kan fix income itu bisa transparan dan bisa likuid," ujarnya, di Gedung BEI, Jakarta, Kamis 6 April 2017.

    Dirinya menambahkan, surat berharga pemerintah banyak diperjualbelikan karena dana yang dibutuhkan pemerintah cukup banyak. Hal ini memberi peluang bagi masyarakat untuk berinvestasi sambil mendapatkan keuntungan dari investasi di ORI.

    "Ini ORI satu lot harganya Rp1 juta, kalau lima lot kan Rp5 juta. Dari 2008-2016 ada yang di atas 10 persen. Surat berharga negara itu ada Rp1.800 triliun atau sekitar 85 persen dari obligasi yang ada. Dari 85 persen itu, sebanyak 70 persen itu merupakan ORI," jelas dia.

    Untuk saat ini, baru surat berharga ORI yang bisa diperdagangkan melalui ETP. Nantinya obligasi pemerintah seperti sukuk maupun obligasi korporasi diharapkan bisa diperjualbelikan secara online sehingga mudah diakses oleh para investor.

    "Ini (ORI) buat simpanan praktis dan aman karena dari negara. Saat ini baru enam partisipan, dan kita terbuka untuk yang tertarik. Obligasi lain di luar ORI saatnya nanti juga bisa diperdagangkan," pungkasnya.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id